Sukses

Jantung Berdebar Tanpa Sebab, Mual dan Telinga Berdengung

15 Jan 2015, 13:21 WIB
Wanita, 18 tahun.

kadang-kadang saya mengalami jantung berdebar tanpa sebab disertai rasa ingin muntah dan kuping berdengung. apakah itu normal, dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Pertama izinkan kami menjelaskan mengenai penyebab jantung berdebar. Jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres

  2. Latihan fisik yang terlalu berat

  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu

  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan

  6. Obat-obat pelangsing, asma

  7. Suplemen herbal dan nutrisi tertentu

  8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal

  9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

Untuk mengetahui penyebab jantung berdebar yang Anda rasakan, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan diketahui diagnosis penyakit Anda. 

Telinga berdengung

Keluhan telinga berdengung atau berdenging, mendengar suara lain di kepala atau telinga tanpa adanya keterlibatan sumber eksternal dalam dunia medis disebut sebagai tinitus. Kondisi ini merupakan satu dari rangkaian gejala yang menandakan adanya kerusakan pada telinga atau saraf pendengaran di otak.

Salah satu penyebab tinitus yang paling sering ditemui adalah kerusakan sel telinga dalam. Beberapa faktor pemicu timbulnya kondisi ini adalah usia, konsumsi harian (kopi, teh, cola, rokok, garam), adanya pajanan rutin terhadap suara yang keras (earphone/headset, konser musik, dan lain sebagainya) atau konsumsi obat tertentu (aspirin, diuretik, NSAID).

Penyebab lain dari tinitus adalah:

  • Adanya kotoran terlalu banyak dalam telinga,
  • Perubahan pada tulang telinga bagian tengah,
  • Meniere’s Disease (kelainan pada telinga dalam karena tekanan cairan atau komposisi telinga dalam),
  • Trauma pada kepala atau telinga (mempengaruhi saraf atau fungsi otak yang berkaitan dengan pendengaran; umumnya tinitus karena sebab ini hanya terjadi pada satu telinga)
  • Tumor jinak pada saraf kranial yang berjalan dari otak ke telinga bagian yang mengontrol keseimbangan dan pendengaran (acoustic neuroma; biasanya menyebabkan tinitus pada satu sisi telinga saja)
  • Kelainan pada pembuluh darah (menyebabkan tinitus yang sifatnya pulsatil atau berdenyut, termasuk tinitus objektif)
  • Stres dan depresi. Diagnosis ini merupakan diagnosis yang sangat umum jika  tes-tes atau pemeriksaan pendengaran menunjukkan hasil normal dan penyebab tinitus lain tidak dapat diidentifikasi.

Sulit bagi kami untuk menentukan sebab dari kelainan Anda tanpa didahului pemeriksaan fisik secara langsung beserta dengan penunjang yang sesuai. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokkan (THT).

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar