Sukses

Bepergian Jauh Saat Hamil

08 Jan 2015, 23:02 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok,saya hamil 29wk,bolehkah saya bepergian jauh dengan mobil?sedang dulu saya pernah punya riwayat keguguran saat usia kandungan 2bulan.mohon penjelasannya?tx

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bepergian jauh saat sedang hamil memang tidak disarankan. Hal ini mengingat risiko kelahiran prematur, trombosis vena dalam pada kaki, dan sebagainya. Apabila ingin bepergian jauh melalui darat, kami sarankan untuk berhenti setiap 2-3 jam untuk melemaskan kaki guna mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah pada kaki yang sering terjadi pada wanita hamil.

Bepergian sebaiknya tidak dekat-dekat dengan waktu melahirkan, kurang lebih 2-4 minggu sebelum waktunya melahirkan untuk menghindari kemungkinan lahir di dalam perjalanan. Kami tidak mengetahui kondisi kehamilan anda dan risiko kehamilan anda sehingga kami tidak bisa memastikan pada usia kehamilan berapa anda dapat bepergian jauh. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk memastikan kondisi kandungan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan.

Saran kami jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh, kenali kemampuan diri Anda, jika Anda merasa sanggup maka bisa dilakukan, dan bila di perjalanan Anda merasa sangat lelah, ada gangguan di perut (kram atau perut terasa kencang), atau muncul flek segeralah istirahat. Namun bila Anda merasa tidak mampu dan cepat lelah sebaiknya tunda dulu perjalanan Anda. Tidak ada kegiatan atau aktivitas yang lebih penting dan berharga selain mempertahankan atau menjaga kehamilan agar dapat berlangsung dengan baik dan sehat. 

Hal terpenting yang perlu dilakukan untuk memantau kondisi serta tumbuh kembang janin serta kesehatan ibu yang mengandunga adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan kehamilan (Ante Natal Care) ke fasilitas kesehatan terdekat, agar dapat mendeteksi adanya penyulit dalam kehamilan serta dapat segera mengatasi masalah yang dihadapi dalam kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar