Sukses

Migrain Bila terkena Panas atau Silau Cahaya

26 Dec 2014, 13:00 WIB
Pria, 34 tahun.

Sy sering migren, apalagi klo mata sy silau, atau panas matahari sangat terik. Apa penyebab dan cara mengatasi

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Migren sering dikenal dengan istilah sakit kepala sebelah. Padahal migren tidak melulu hanya menyerang sebelah kepala, namun dapat menyerang kedua sisi kepala.

Penyebab migrain sampai saat ini belum diketahui secara pasti, sebagian besar meyakini berhubungan dengan faktor lingkungan dan genetik. Mengenai ada keterkaitan dari virus yang menyebabkan migrain perlu dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut.

Pada Migrain klasik bisa didahului dengan adanya aura. Visual aura sering terjadi termasuk didalamnya photophobia , sinar flashing . Kemungkinan hal inilah yang terjadi pada kasus Anda.

Untuk mengurangi gejala dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit dan istirahat , tetapi apabila sakit tidak berkurang segera hubungi Dokter Spesialis Saraf Anda .

Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, dan dapat hilang timbul. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu. Coba untuk memperhatikan makanan yang ada. Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migraine adalah :

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine (keju,red wine)
  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) seperti makanan China dan Meksiko
  3. Makanan yang mengandung Nitrat (bologna, salami, smoked meat)
  4. Makanan yang difermentasi
  5. Alkohol (red wine)
  6. Caffeinated (softdrink, teh, kopi)

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar