Sukses

Nyeri Perut Bawah di Usia Kehamilan 8 Bulan

02 Jan 2015, 13:14 WIB
Wanita, 29 tahun.

kenapa ketika kehamilan 8 bln sering terasa sakit (seperti mau melahirkan) sekitar perut bagian bawah?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sayang sekali kami tidak dapat memberikan kepastian penyebab dari keluhan Anda. Kami hanya dapat memberikan informasi mengenai kemungkinan-kemungkinanya, namun kami masih memerlukan informasi lebih lanjut dari Anda.

Apakah nyeri Anda rasakan terus-menerus atau hilang timbul? Dimana tepatnya lokasi nyeri yang Anda rasakan, apakah dibawah pusar, dikanan atau dikiri? Bagaimana sifat nyeri, apakah tajam seperti ditusuk-tusuk ataukah seperti di pukul benda tuumpul? Apakah Anda mengalami mual dan muntah dalam kehamilan ini?

Nyeri perut bawah banyak penyebab, mungkin saja disebabkan oleh otot hinga gangguan organ pencernaan atau kandung kemih. Yang umumnya terjadi adalah nyeri yang diakibatkan penekanan rahim yang membesar kearah organ-organ sekitarnya (usus, kandung kemih) atau akibat peregangan otot-otot rahim itu sendiri. Hal ini masih merupakan hal yang wajar selama tidak menyebabkan penyakit yang lain, misalnya hilang nafsu makan hingga tidak mau makan.

Oleh karena itu, sekiranya Anda tidak perlu khawatir mengenai keluhan ini. Namun, apabila keluhan sangat mengganggu, kami sarankan untuk memastikan penyebabnya langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar segera bisa ditangani dan menghindari komplikasi yang tidak diinginkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar