Sukses

Bengkak Pada Perut Hingga Kaki

08 Jan 2015, 00:23 WIB
Wanita, 25 tahun.

salam, istri saya mengalami pembesaran pada bagian perut hingga kaki ikut membengkak,diagnosa awal mnrt dokter itu tumor abdomen,untuk memastikan istri saya disarankan untuk USG,namun tidak ada hasil karena sinyalnya tidak tembus dikulit,oleh dokter radiologi disarankn CT scan,namun karena berat dan bentuk badan istri saya yang terlalu besar[BB 180/TB 170],hal itu juga tidak dapt dilakukan,dengan alasan istri saya tidak bisa masuk ke mesin CT scan. [diameter mesin 70cm,diameter perut 65cm].Pertanyaan saya dok,apakah ada alat atau cara lain untuk mengetahui jenis sakitnya istri saya?kalo ada dimana tempatnya? mohon saran dan bantuannya,terimakasih.

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pembesaran pada bagian perut hingga kaki dapat menunjukkan adanya kelebihan cairan pada tubuh(oedema) akibat retensi cairan. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh gangguan pada beberapa organ seperti gangguan hati, gangguan ginjal gangguan jantung dan lain sebagainya.

Selain pembesaran perut hingga kaki, keluhan apakah yang isteri Anda rasakan? apakah bengkak hanya terjadi pada perut dan kaki atau terjadi pada daerah lain juga? sejak kapan keluhan ini dirasakan? apakah sebelumnya isteri anda memiliki riwayat penyakit tertentu seperti diabetes melitus, hipertensi, penyakit hati, penyakit jantung, penyakit ginjal atau penyakit lain? apakah terdapat nyeri perut, mual, muntah, sesak, gangguan buang air kecil, nyeri dada, bab berwarna hitam, muntah darah, mata serta badan yang terlhat kuning atau gejala lainnya?

Idealnya, untuk dapat menegakkan suatu diagnosis diperlukan pemeriksaan menyeluruh mulai dari wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan tambahan untuk menunjang diagnosis. Umumnya dengan wawancara medis dan pemeriksaan fisik langsung, seorang dokter sudah memiliki gambaran mengenai kecurigaan/dugaan terhadap kemungkinan penyakit yang pasien tersebut alami. Namun terkadang, diperlukan pemeriksaan tambahan untuk menunjang diagnosis agar lebih pasti.

Karena kurangnya informasi dan keterbatasan fitur layanan konsultasi kami untuk dapat melakukan pemeriksaan fisik, maka kami tidak dapat memastikan diagnosis penyebab keluhan isteri Anda. Keluhan bengkak pada perut hingga kaki dapat disebabkan beberapa diantaranya oleh gagal ginjal, gagal jantung, sirosis hepatis dan beberapa penyakit lain. Namun untuk mendukung kecurigaan tersebut memerlukan data dan pemeriksaan yang lebih lengkap. Mungkin dapat dilakukan pemeriksaan darah, pemeriksaan urin ataupun beberapa pemeriksaan lain untuk membantu menunjang diagnosis dan menyingkirkan berbagai diagnosis banding. Untuk itu, kami sarankan Anda mengkonsultasikan kondisi isteri Anda lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam dan selalu melaporkan perkembangan gejala yang isteri Anda alami. Dengan demikian dokter isteri Anda akan lebih mudah melakukan diagnosis dan menentukan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar