Sukses

Konsumsi Telur dan Susu Saat Kemoterapi

07 Jan 2015, 23:10 WIB
Wanita, 25 tahun.

Apakah telur dan susu aman dan baik bagi pasien kanker rahim yg telah di operasi dan kemoterapi?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dalam menjalani terapi untuk penyakit kanker termasuk menjalani kemoterapi, ada baiknya Anda juga harus menjaga keadaan asupan gizi pada tubuh, agar kemudiannya keadaan umum Anda harus baik agar dapat menjalani terapi dengan lancar. Salah satunya adalah dengan menjaga asupan makan. Anda perlu mengkonsumsi makanan dalam jumlah cukup.

Untuk jenis makanan, Anda perlu mengkonsumsi makanan dengan gizi lengkap dan seimbang yang terdiri dari kandungan karbohidrat dan lemak yang cukup serta meningkatkan asupan protein, karena pada saat menjalani kemoterapi, banyak sel-sel sehat yang ikut rusak sehingga perlu perbaikan segera (regenerasi sel), dan untuk ini diperlukan protein yang cukup.

Sumber protein adalah lauk pauk, jadi Anda perlu mengkonsumsi lauk pauk yang berkualitas seperti putih telur, susu, ikan, ayam tahu dan tempe. Dalam 1 hari kami menganjurkan Anda untuk mulai mengonsumsi minimal 6 porsi lauk ditambah 2 gelas susu.

Kurangilah makanan yang terlalu berlemak tinggi atau yang mengalami proses penggorengan (deep fry), hindari makanan yang mengandung pengawet, pewarna atau penyedap. Perbanyak makan sayur dan buah.

Bila Anda mual atau tidak nafsu makan, makanlah makanan yang Anda sukai dengan porsi kecil tapi sering. Pilihlah makanan yang tidak berbau menyengat, dan makanlah dalam keadaan paling nyaman.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan kami dapat membantu Anda menjalani terapi dengan baik dan bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar