Sukses

Posisi Geraham Tidak Rapi

07 Nov 2014, 13:45 WIB
Pria, 20 tahun.

Saya memiliki gigi graham bawah yg kedua nya tidak rapi, yang posisi nya agak keluar, apakah bisa dirapikan dok? apakah biaya perapiannya mahal?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya mengerti kekhawatiran Anda. Untuk memastikan perawatan yang tepat bagi keluhan Anda adalah dengan dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Namun prosedur perawatan yang digunakan untuk merapikan posisi gigi adalah dengan perawatan orthodontik atau kawat gigi. Perawatan orthodontik tidak dapat dilakukan secara sembarangan, semua prosedur ada standar operasionalnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, diantaranya adalah pencabutan gigi. Jadi tidak semua kasus harus ada gigi yang dicabut, bergantung pada seberapa besar kebutuhan ruang dan tentunya dicabut/tidaknya gigi baru dapat diputuskan setelah dokter gigi melakukan serangkaian pemeriksaan.

Tujuan utama dari perawatan orthodontik tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan.

Berikut beberapa artikel terkait yang dapat Anda baca

Waspadai Penjualan Behel Gigi di Situs Jejaring Sosial

Orang Dewasa Masih Bisa Pakai Kawat Gigi?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar