Sukses

Sering Radang Tenggorokan

02 Jan 2015, 12:33 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok, kakak sya sering sakit radang tenggorokan. gejala awal yg timbul : slruh tbuh hangat, esoknya panas dingin (badannya menggigil), lemas, pusing. malamnya meriang / demam tinggi dan batuk2. sedangkan ia lebih byk dluar rmh & jrg sempat cek k dokter. apa obat yang dianjurkan untuk membantu mengobati dan menyembuhkan penyakit tsb? bagaimna cra mengobatinya?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur.

Adapun gejala klinis yang ditimbulkan oleh infeksi virus atau bakteri tidak memiliki perbedaan yang bermakna, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kultur dari usap tenggorok untuk memastikannya. Bagaimanapun, besar kemungkinan adanya infeksi bakteri apabila radang tenggorokan disertai lendir berwarna kuning/kehijauan.  

Pengobatan yang diberikan pada radang tenggorokan karena infeksi bakteri berbeda dengan infeksi virus. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus umumnya bersifat self-limiting atau dapat sembuh spontan tanpa pengobatan. Yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik, antara lain dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Demam dapat diturunkan dengan basuhan air hangat, banyak minum, atau dibantu dengan obat penurun panas. Sedangkan radang tenggorokan akibat infeksi bakteri memerlukan pengobatan tambahan dengan antibiotik minimal selama 5 hari.  

Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain.

Karena keterbatasan pemeriksaan fisik dan menghormati kode etik kedokteran, kami tidak dapat memberikan pengobatan di media ini tanpa melakukan pemeriksaan fisik langsung. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda tersebut. Sekali lagi, pengobatan harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda : Berkelit Penyakit Radang Tenggorokan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar