Sukses

Amandel Harus Dioperasi ?

27 Dec 2014, 14:09 WIB
Pria, 46 tahun.

dok, mau tanya anak sy berusia 19 th saat ini muncul daging tumbuh pada samping tenggorokannya. hasil konsultasi amandel dan harus dioperasi. apakah ada cara lain selain operasi, apakah berpengaruh pada kepala dan leher karena sering tersa berat dan sulit tidur.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyakit amandel biasanya disebabkan infeksi bakteri yang menyebabkan amandel menjadi membesar akibat proses peradangan.  Amandel yang membesar ini akan menyebabkan nyeri saat menelan makanan. Pada anak kecil, si anak tidak akan mengeluh tenggorokannya sakit namun akan menangis dan menjadi rewel saat sedang makan. Dapat pula timbul demam, nyeri kepala, ataupun muntah.

Untuk amandel yang disebabkan oleh bakteri, maka untuk mengatasinya maka akan diberikan antibiotik. Selain itu dapat pula diberikan obat untuk mengurangi proses peradangan yang terjadi pada amandel tersebut.

Untuk operasi pengangkatan amandel, hanya dilakukan jika sudah ada indikasi yaitu berulangnya penyakit cukup sering dan terdapat gejala penyumbatan seperti gangguan tidur. Pasien yang sering  mengalami penyakit ini dalam sebulan sampai beberapa kali, sering mengorok saat tidur, dan sering terbangun karena sesak maka sudah dianjurkan untuk dilakukan operasi pengangkatan amandel.

Jika memang Anak Anda memenuhi kriteria operasi, Kami anjurkan Anda mengikuti saran dokter yang telah memeriksa Anak Anda, agar dapat ditangani dan mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar