Sukses

Perdarahan Seperti Mens Setelah Menopouse

06 Jan 2015, 14:05 WIB
Wanita, 46 tahun.

sy sdh menopause sjk usia 43 th, tp hari ini sy pendarahan spt mens lagi. Tdk ada keluhan apapun yg sy rasakan sebelumnya, Hub suami istri jg baik-2 sj. Apa mungkin sy mens lagi?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Menopause adalah tidak terjadinya periode menstruasi selama 12 bulan akibat dari tidak aktifnya folikel sel telur. Usia rata-rata menopause berkisar 43 – 57 tahun namun tidak ada cara yang pasti untuk memprediksi kapan seorang wanita akan memasuki masa menopause. Selain itu, faktor keturunan juga berperan disini, seorang wanita akan mengalami menopause pada usia tidak jauh berbeda dari ibunya.  Ketika menopouse, tubuh seorang wanita secara perlahan mengurangi produksi hormon estrogen dan progesterone sehingga terjadilah berbagai gejala.

Faktor-faktor yang mempercepat masa menopause selain faktor genetik (keturunan) adalah gaya hidup seperti tidak berolahraga, stres/faktor psikologis, pola tidur yang kurang, merokok, makanan, penggunaan kontrasepsi hormonal dan sebagainya.

Pada saat menstruasi seorang wanita akan mengeluarkan sel telur. Jika semakin cepat menstruasi maka akan semakin banyak sel telur yang dikeluarkan dan menopause akan semakin cepat. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi masa menopause. Yang perlu Anda lakukan saat ini adalah menerapkan pola hidup sehat.

Merujuk pada keterangan yang Anda berikan, Anda tidak mendapatkan haid selama 3 tahun (lebih dari 12 bulan) dan bisa dikatakan sebagai menopouse dini. Namun untuk keluhan perdarahan seperti menstruasi yang terjadi satu kali ketelah periode 3 tahun tidak mens perlu dievaluasi lebih lanjut. Berapa lama perdarahan terjadi? Apakah perdarahan disertai nyeri? Apakah anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu? Apakah sebelumnya Anda memiliki keluhan pada daerah kelamin seperti nyeri ataupun keputihan?

Karena keterbatasan data yang ada, kami belum dapat menentukan sebab pasti dari timbulnya perdarahan tersebut apakah mengindikasikan ke suatu penyakit tertentu atau tidak. Oleh karena itu kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter ginekolog guna melakukan wawancara medis yang lebih mendalam dan pemeriksaan fisik ataupun penunjang yang diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar