Sukses

Operasi Pita Suara

08 Jan 2015, 13:29 WIB
Pria, 28 tahun.

Dulu sy pernah ditendang pas diposisi leher, sehingga suara menjadi serak. menurut dokter ada pembengkakan pipa suara, dan bs disembuhkan dengn operasi pita suara. Apakah bener bisa melakukan operasi pita suara dok ? Dan ini dianjurkan ke penang.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Umumnya, pembengkakan pita suara terjadi Pada mereka yang memang menggunakan suara secara berlebihan, seperti, penyanyi profesional, guru, dosen, atau mereka yang sering berbicara dan menggunakan suara berlebihan. Namun tidak menutup kemungkinan cedera sebagai penyebab pembengkakan pita suara, yang juga disebut sebagai nodul pita suara atau polip pita suara. Nodul pita suara biasanya terjadi pada kedua pita suara secara simetris. Keduanya biasa diketahui karena keluhan serak pada suara.

Salah satu cara/usaha untuk memperkecil pembengkakan yang terjadi pada pita suara Anda adalah dengan puasa bicara untuk mengistirahatkan pita suara. Hal ini dapat dilakukan dengan minimalisasi suara atau tidak berbicara sama sekali selama beberapa minggu. Selain itu biasanya disertai dengan latihan vokal dan terapi bicara.

Pada kondisi berat, pasien dapat disarankan untuk dilakukan tindakan bedah. Operasi yang dilakukan pada pita suara untuk nodul pita suara maupun polip biasanya merupakan operasi minor yang tergolong aman, namun pada penyanyi profesional memang perlu pertimbangan khusus karena tindakan operasi masih memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi kondisi awal pita suara.

Setelah dilakukan operasi, biasanya akan diikuti dengan latihan vokal dan terapi bicara untuk mengembalikan kondisi bicara. Selain itu, kembalinya suara seperti sedia kala sangat berbeda untuk setiap kasus tergantung pada kondisi masing-masing penderita, seperti, separah apa kondisi nodul/polipnya dan bagaimana respon terhadap pengobatan.

Mengenai tepat atau tidaknya tindakan operasi yang disarankan kepada Anda sebaiknya anda tanyakan kembali kepada dokter yang telah memeriksa, apakah harus dengan operasi atau ada solusi lain. Anda juga bisa mencari second opinion, yaitu melakukan pemeriksaan kepad dokter yang berbeda, yang sayangnya tidak dapat kami lakukan dengan fitur ini karena dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut yang dilakukan secara langsung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar