Sukses

Hidung Tersumbat dan Alergi Dingin

15 Dec 2014, 22:25 WIB
Pria, 52 tahun.

Dok ... Sy alergi udara dingin hidung mampet apalagi dibawa tidur tindakan apa untuk terapinya terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dilihat dari keluhannya, kemungkinan Anda memang menderita alergi hidung atau disebut juga rinitis alergi. Gejala lain yang merupakan karakteristik penyakit ini termasuk bersin-bersin berulang, dan mata gatal berair. Proses alergi menyebabkan terjadinya pembengkakan konka nasi (selaput lendir hindung) sementara sehingga menimbulkan sumbatan aliran udara temporer.

Umumnya pencetus alergi (alergen) ada di luar rumah yaitu debu, jamur, serbuk sari, rumput liar yang disebut alergi musiman. Rinitis alergi juga dapat dicetuskan oleh alergen yang ada di dalam rumah, seperti bulu binatang, jamur ataupun debu rumah yang bisa ditemukan sepanjang tahun tanpa dipengaruhi musim, disebut rinitis perennial.

Alergi tidak ada obatnya, dan hanya bisa diatasi dengan menghindari alergen. Kemungkinan alergen Anda adalah udara dingin. Untuk mengatasi udara dingin, sebaiknya Anda melakukan berbagai cara untuk mencegahnya, seperti menggunakan baju hangat jika keluar di malam hari atau udara dingin, dan menaikkan temperatur AC atau bahkan mematikannya menjelang pagi. Anda juga dapat mencoba minum air hangat tiap pagi.

Untuk mengetahui lebih pasti apa saja yang merupakan alergen bagi Anda, dapat dilakukan tes alergi yang dapat dilakukan di dokter berupa skin test atau patch test oleh dokter. Sedangkan untuk mengatasi mengurangi gejala alergi biasanya diberikan antihistamin dan dekongestan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar