Sukses

Gigi Berlubang dan Tinggal Akarnya

07 Nov 2014, 11:23 WIB
Pria, 30 tahun.

malam dokter, saya mau tanya ke tiga gerahang dalam gigi saya berlubang, tinggal tunggulnya lagi, satu ada gusinya yang bengkak, sehingga saya menguyah hanya dengan satu gerahang saja, apakah masih bisa di cabut, dan apakah sakit , trims

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Sisa akar gigi dalam rongga mulut yang telah lama dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan rongga mulut itu sendiri dan juga kesehatan tubuh.  Sisa akar tersebut menandakan bahwa gigi telah mati atau nonvital serta rentan menimbulkan terjadinya infeksi. Mengingat keberadaannya yang berdampak sangat negatif bagi kesehatan sebaiknya segera dilakukan pencabutan dan memang pada prosesnya akan menimbulkan rasa sakit, dan rasa sakit ini dapat diminialisir dengan pembiusan lokal. Pembengkakan gusi di gigi yang tinggal sisa akarnya ini dapat merupakan tanda terjadinya infeksi. Mengunyah pada satu sisi rahang dapat adalah kebiasaan yang tidak baik selain bisa menyebabkan terjadinya penumpukan karang gigi dapat juga mengganggu sendi rahang.

Setelah dilakukan pencabutan dari akar gigi tersebut maka sebaiknya dibuatkan gigi tiruan guna menggantukan fungsi dari gigi yang hilang dan guna mencegah terjadinya kerusakan jaringan sekitar.

 Berikut artikel yang dapat Anda baca

Awas, Infeksi Gigi Bisa Bikin Radang Otak!

Gigi Palsu Solusi Gigi Ompong

5 Alasan Gigi yang Hilang Harus Diganti dengan Gigi Tiruan

Abaikan Sakit Gigi Dapat Berujung Kematian

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar