Sukses

Nyeri Perut Kanan dan Kesemutan

07 Jan 2015, 21:28 WIB
Pria, 50 tahun.

Maaf dokter mau tanya? Ayahku sakit di bagian perut sebelah kanan trus menjalar ke kiri di tambah semutan bgian kaki kiri? Itu knp y dokter?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah, mulai dari kulit, otot, saraf, dan usus. Dari beberapa organ tersebut, memang penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri perut kanan bawah adalah akibat adanya peradangan pada usus buntu (appendisitis). Nyeri perut pada usus buntu umumnya dimulai dari daerah ulu hati, kemudian berpindah ke daerah perut kanan bawah. Biasanya keluhan nyeri perut pada usus buntu disertai pula dengan keluhan pencernaan (seperti penurunan nafsu makan, mual, muntah, diare, dll)  dan memiliki tanda yang khas pada pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. Demam juga dapat timbul, tetapi biasanya kenaikan suhu tubuh tidak akan lebih dari 38ºC. Jika ditemukan peningkatan suhu tubuh melebihi 38ºC maka kemungkinan besar sudah terjadi proses peradangan yang lebih luas di daerah perut.

Jika Anda benar di diagnosis usus buntu maka terapi yang tepat adalah dengan operasi. Jika keadaannya belum terlalu parah (peradangan tidak terlalu luas), maka dapat diberikan antibiotik saja, namun tingkat kekambuhannya mencapai 35%. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai usus buntu, Anda dapat membaca artikel Kami yang berjudul Appendisitis.

Sedangkan kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sensasi tersebut adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan, misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan.

Penyebab lain dari kesemutan dapat terjadi akibat dari gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Penyebab kesemutan akibat penyakit lain diantaranya adalah diabetes melitus, Carpal Tunnel Syndrome, gangguan jantung, dan rematik

Karena terbatasnya informasi, kami sulit menyimpulkan apa yang Anda alami. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter dan mengutarakan keluhan Anda agar dapat diterapi dengan tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar