Sukses

Cara Merawat Wajah dan Bekas Jerawat

07 Nov 2014, 13:14 WIB
Wanita, 19 tahun.

bagaimana cara mengilangkan flek jerawat? vitamin apa yang bagus untuk merawat muka agar selalu bersih?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Kulit sehat dan berkilau memang dambaan setiap insan. Tahukah Anda bahwa kulit yang sehat adalah kulit yang halus, tidak memiliki benjolan seperti jerawat ataupun keriput, dengan warna yang rata tanpa ada bintik gelap, tidak kering karena terhidrasi dengan cukup, serta memiliki sensasi dan sensitivitas normal.

Bagaimanakah dengan kulit Anda? Sudahkah Anda mengetahui jenis kulit manakah yang Anda miliki? Kering, berminyak, kombinasi atau sensitif?

Kulit wajah yang kasar dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Misalnya cara pembersihan wajah yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan jenis kulit, perawatan kulit yang tidak tepat paparan radikal bebas seperti sinar matahari, polusi dan rokok dapat mempercepat proses tersebut terjadi. 

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memuluskan kulit wajah adalah : 

  • Bersihkan make-up sebelum Anda membersihkan wajah 

Membersihkan kulit wajah tanpa membersihkan make-up yang tertempel di wajah, sama saja dengan mandi tanpa menanggalkan pakaian. Usapkan pembersih make-up yang sudah dituangkan pada kapas dengan cara di tepuk-tepuk untuk menghilangkan seluruh "pakaian" yang meliputi wajah Anda. Jangan pernah lupa membersihkan make-up sebelum Anda tidur.

  • Bersihkan wajah secara teratur

Bila jenis kulit Anda kering, jangan terlalu sering membersihkan wajah dan berhati-hatilah dalam memilih sabun wajah. Bila jenis kulit Anda berminyak, bersihkan wajah dua kali sehari, terutama setelah berkeringat atau beraktivitas.

  • Gunakan pelembab wajah yang cocok untuk tipe wajah Anda

Seperti bagian organ lainnya, kulit pun membutuhkan nutrisi baik dari makanan yang Anda konsumsi, maupun dari produk yang dioleskan pada kulit secara langsung. Berikan kulit Anda nutrisi yang optimal dengan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

  • Gunakan tabir surya

Sudah sering disebutkan sebelumnya bahwa tabir surya dapat mencegah terbakarnya kulit akibat sinar matahari (sunburn) dan pencegahan terhadap kanker kulit, namun ternyata terbukti bahwa tabir surya dapat berpengaruh terhadap photoaging (penuaan pada kulit). Jangan lupa oleskan tabir surya setidaknya SPF 30 sebelum Anda beraktivitas, dan ulangi pemakaian setiap 2 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan maksimal pada kulit Anda.

Langkah yang dapat ditempuh untuk mendapatkan warna kulit menjadi lebih rata adalah dengan pemberian obat yang mengandung alfa dan beta hydoxy acid (glycolic acid) , vitamin A, vitamin C, dan bahan-bahan lain yang dapat melupas kulit. Penggunaan hidrokuinone juga sering digunakan untuk keadaan ini. Hidrokuinone bekerja dengan cara memblokade enzim yang berhubungan dengan produksi melanin, yang lantas dapat mencerahkan kulit. Krim hidrokuinone biasanya juga mengandung kandungan seperti kolic acid, glycolic acid, tretinoin dan vitamin c.

Bekas jerawat biasanya dapat berupa jaringan kehitaman atau berupa lapisan kulit yang masuk ke dalam. Penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat.

Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat, dan apabila masih ada tanda-tanda peradangan seperti yang Anda alami biasanya akan ditambahkan krim anti radang yang diresepkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu prosedur chemical peeling dan atau mikrodermabrasi. Rangkaian prosedur tersebut (krim malam, chemical peeling, dan mikrodermabrasi) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. Jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB yang dapat memperburuk kondisi.

Apapun langkah yang Anda pilih, pastikan Anda menggunakan produk yang bisa dipertanggungjawabkan keamanannya dengan terdaftar di BPOM atau diberikan dengan resep Dokter yang ahli di bidang kecantikan.

 

Untuk memastikan kondisi kulit dan pilihan terapi terbaik, kami sarankan Anda untuk konsul dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis krim, cairan kimia dan tindakan dengan konsentrasi / kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar