Sukses

Usia Kehamilan dan HPHT

08 Jan 2015, 13:12 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat sore dok.. saya afi mau menanyakan masalah kandungan.. sebelumnya saya menikah tgl 5 okt 14 kemarin dan tgl 23 okt 14 saya cb utk testpack atas saran rekan.dan hasilnya positif,lalu setelah itu saya periksa ke dokter namun dokter trsebut membuat saya tercengang krn menyebutkan kandungan saya 2bln krn mens terakhir saya tgl 5 sept 14.. yg saya tanyakan disini adalah bagaimn menghitung kandungan trsebut..??? krn tgl 5 sept otomatis saya sedang dlm masa stres mengurus pernikahan dan itu jelas blm nikah..tp dokter bs memberikan statmen saya hamil 2bln.. bukannya orang stres itu jg bs mempengaruhi hormon lantas saya jg tdk haid/mens..dan yg saya ketahui adalah -/+ hr H haid adalah masa subur.. saya mohon utk informasinya.. terima kasih sebelumnya..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, perlu dikonfirmasi terlebih dahulu mengenai definisi hari terakhir menstruasi yang Anda maksud. Apakah tanggal 5 September 2014 yang Anda sebutkan adalah hari pertama ataukah hari terakhir Anda mendapatkan menstruasi terakhir?

Untuk menghitung usia kehamilan berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT). Berdasarkan rumus, usia kehamilan dihitung sejak masa ovulasi dan bukan saat berhubungan atau bertemunya sel telur dan sperma. Sehingga usia kehamilan bila ditambah dengan masa ovulasi adalah bertambah 2 minggu. 

Bagaimana dengan siklus haid Anda? Apakah teratur? Berapa lama siklus Anda?

Perhitungan dengan cara inipun hanya dapat dipercaya (valid) apabila Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur dan normal selama 6 siklus terakhir yaitu sekitar 28 hari. Anda dapat melakukan kunjungan pertama dengan dokter kandungan untuk memeriksa adanya tanda-tanda kehamilan. Namun untuk pemeriksaan USG, meskipun dapat melihat adanya tanda-tanda kehamilan namun kemungkinan belum dapat terlihat bentuk janin secara utuh. 

Kamungkinan saat Anda menikah adalah masa subur bagi Anda, sehingga setelah berhubungan dapat terjadi kehamilan. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena usia kandungan ditentukan berdasarkan hari pertama haid terakhir.

Berikut beberapa artikel dari situs kami yang dapat Anda akses:

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar