Sukses

Manfaat Multivitamin untuk Tubuh

14 Jan 2015, 14:26 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok , saya mau tanya kalo saya minum obat yang kandungannya ini -L-glutathione 300000mg -Vitamin C 20000mg -Collagen 200000mg -Coenztme Q10 500mg -Bioflavonoi 500mg -Pine Bark Extract 100mg -Grape Seed Extract 100mg -Koji Berry 500mg -Acerora Cherry 100mg -Raspberry Extra 100000mg -Berry Fruit Extract 100mg itu baik tidak untuk tubuh ? tolong dijawab ya dok thanks dok

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kandungan obat yang Anda sebutkan tersebut apakah barasal dari multivitamin? 

Menurut jurnal Annals of Internal Medicine, konsumsi multivitamin tidak memiliki manfaat kesehatan jangka panjang dan justru harus dihindari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa multivitamin tidak memiliki efek terhadap kesehatan jantung, risiko kanker, kemampuan kognitif, maupun angka kematian.

Jurnal tersebut mereview tiga penelitian. Penelitian pertama dilakukan pada 350.000 individu yang mengkonsumsi multivitamin setiap hari. Kesimpulan penelitian tersebut adalah tidak ada bukti yang ade kuat tentang manfaat multivitamin dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Bahkan, konsumsi beta carotene atau vitamin E pada perokok justru dikatakan dapat meningkatkan risiko kanker paru.

Penelitian kedua dilakukan pada 5.950 dokter laki-laki berusia 65 tahun ke atas yang mengkonsumsi multivitamin selama 12 tahun. Ternyata, multivitamin tidak memiliki manfaat dalam fungsi kognitif (daya ingat). Penelitian terakhir menilai manfaat multivitamin pada 1700 orang dengan riwayat serangan jantung yang mendapat multivitamin dan mineral dosis tinggi selama 5 tahun. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah tidak didapatkan perbedaan bermakna pada risiko serangan jantung selanjutnya, nyeri dada, keteterisasi jantung, risiko stroke, dan kematian antara mereka yang mengkonsumsi vitamin dengan mereka yang tidak mengkonsumsi vitamin.

Suplemen mineral dan vitamin hanya digunakan untuk mereka yang memang kekurangan zat-zat tertentu, malabsorbsi (gangguan penyerapan nutrien), dan mencegah cacat bawaan pada kehamilan (dengan asam folat).

Jadi lebih baik mengubah pola hidup sehat dimulai dari sekarang. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi, olah raga teratur dan hindari stress, rokok, serta minum-minuman beralkohol.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar