Sukses

Efek Negatif Bermain Game

28 Dec 2014, 23:22 WIB
Pria, 21 tahun.

apa dampak negatif ketika kita memainkan game ?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Para orangtua seringkali ketakutan jika anaknya bermain video games karena berbagai alasan. Video games dikatakan hanya membuang waktu dan  membuat anak menjadi bodoh. Namun, ahli psikologi mengatakan sebenarnya video games memiliki banyak manfaat yang membuat anak cerdas.

Bermain video games dapat mempengaruhi otak, sama halnya seperti membaca, bermain piano, atau membaca peta. Saat bermain video games otak membutuhkan konsentrasi penuh yang akan merangsangneurotransmitter seperti dopamin yang akan memperkuat memori. 

Beberapa efek negatif dari permainan game antara lain :

  • Berisiko mencetuskan perilaku kekerasan

Menurut sebuah studi, anak yang sering bermain games yang mengandung unsur kekerasan (membunuh, menendang, menembak) cenderung memiliki pemikiran, perasaan, dan perilaku agresif, serta menurunkan rasa ingin membantu.

  • Mengganggu fungsi sosial

Terlalu banyak bermain video games akan mengurangi aktivitas belajar, membaca, berolahraga, dan berinteraksi dengan keluarga atau teman.

  • Gangguan kesehatan

Video games dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan seperti obesitas, kelainan otot dan tulang, kompresi syaraf, dan carpal tunnel syndrome.

  • Adiksi/ketagihan

Video games dapat menyebabkan adiksi  dan meningkatkan risiko depresi dan cemas

Jadi, tidak masalah jika anak bermain video games karena terdapat banyak manfaat dan dapat membuat anak lebih senang. Yang menjadi masalah adalah, jika anak terlalu sering bermain video games. Selalu pantau jenis permainan dan waktu bermain video games. Berikan batasan waktu bagi anak untuk bermain video games, misalnya pada hari libur. Selain itu ajaklah anak untuk melakukan permainan yang lebih variatif, seperti menggambar, membaca cerita, olahraga, bermain dengan anak seusianya, dan menonton acara televisi yang edukatif.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar