Sukses

Metronidazole Untuk Ibu Menyusui

14 Jan 2015, 10:48 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok mau tanya.. saya sedang menyusui sekarang, kebetulan skrg sy radang di dinding miss v dan keputihan,,oleh dokter diberikan obat metronidazole.. apakah obat tersebut aman untuk asi yang diminum bayi saya? terimakasih

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Obat-obatan umumnya terserap di dalam ASI, namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Walaupun ada sebagian obat yang dapat menimbulkan efek samping bagi bayi meskipun dalam dosis yang sangat rendah, namun kasus seperti ini sangat jarang. 

Mengapa sebagian besar obat hanya terserap dalam kadar yang sangat rendah dalam ASI? Karena apa yang masuk atau terserap di dalam ASI sangat tergantung pada kadar yang terbawa di dalam darah ibu, dan hal ini biasanya terukur dalam mikro- atau bahkan nano-gram per mililiter (sepersejuta atau sepersemilyar dari satu gram), jika ibu mengkonsumsi obat dalam dosis miligram (seperseribu dari gram) atau bahkan gram.

Lebih jauh lagi, tidak seluruh obat yang ada di dalam darah ibu akan masuk/terserap di dalam ASI. Hanya obat-obatan yang tidak terikat dengan protein dalam darah ibu yang dapat terserap oleh ASI. Banyak obat yang hampir seluruhnya terikat dengan protein dalam darah ibu. 

Mengenai pertanyaan Anda mengenai metronidazole, obat itu aman untuk ibu menyusui. Beberapa obat terlalu besar untuk bisa masuk ke dalam ASI adalah heparin, interferon, insulin, infliximab (Remicade), etanercept (Enbrel).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar