Sukses

Accessories Navicular Syndrome

14 Jan 2015, 10:34 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok, saya mengalami kelainan pada tulang telapak kaki yang disebut juga accessories navicular syndrome (os sessamoidea). Ketika saya menggerakkan ke arah inversion, Mengapa bisa sakit ya , dok? Bagaimana cara pemulihannya? Apakah harus dioperasi? Mohon diberi jawaban. Makasih.

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan menjelaskan mengenai sindroma navicular aksesoris (accessories navicular syndrome). Tulang navicular aksesoris (os navicularum atau os tibiale externum) adalah tulang ekstra atau bagian dari kartilago yang terletak di sebelah dalam dari kaki. Tulang navicular aksesoris ini bersifat kongenital atau sudah ada sejak lahir, namun tidak semua orang memiliki tulang ini.

Seseorang yang memiliki tulang navikular aksesoris ini sering tidak menyadari kondisinya karena tidak menimbulkan keluhan. Tetapi pada sebagian orang dengan tulang ini akan merasa nyeri apabila tulang digerakkan ke arah dalam. Hal ini dapat terjadi karena :

  • Trauma, contohnya cedera ankle
  • Iritasi kronis dari sepatu yang menekan tulang berlebihan 
  • Aktivitas berlebihan

Kebanyakan orang dengan navikular aksesoris juga memiliki kaki datar (tidak ada lengkungan kaki). 

Penanganan non bedah yang dapat dilakukan pada sindroma ini adalah dengan tujuan untuk mengurangi rasa nyeri, antara lain:

  • Imobilisasi. Mengistirahatkan kaki atau melepaskan alas kaki yang menyebabkan tekanan dan inflamasi pada kaki.
  • Es (Pendingin). Untuk mengurangi bengkak dapat menggunakan kantong yang berisi es dengan dilapisi handuk pada bagian luar.
  • Obat-obatan. Obat anti inflamasi non steroid, seperti ibuprofen dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Namun untuk penggunaan jangka panjang lebih baik dengan pengawasan dokter.
  • Latihan fisik. Kaki tidak boleh diistirahatkan terus menerus, tetap harus digunakan untuk melatih kekuatan dari otot kaki.
  • Sepatu Orthotic

Apabila penanganan non bedah itu belum mengatasi gejala terus, dapat dipertimbangkan untuk dilakukan operasi. Operasi dilakukan untuk menghilangkan tulang aksesoris tersebut, membentuk kembali area sekitar, dan memperbaiki struktur tendon tibial posterior untuk mengembalikan fungsinya.

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis ortopedi (bedah tulang) untuk mengetahui penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar