Sukses

Pengaruh Mata Minus Terhadap Persalinan Normal

28 Dec 2014, 23:07 WIB
Pria, 44 tahun.

Apakah ada pengaruh mata minus 5 apabila melahirkan normal. karena menurut dokter dapat menyebabkan kebutaan pada ibu yang melahirkan. usia calon ibu 32 tahun. Terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Miopia disebut rabun jauh karena berkurangnya kemampuan melihat jauh tetapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Miopia terjadi apabila kornea (terlalu cembung) dan lensa (kecembungan kuat) berkekuatan lebih atau bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan terletak di depan retina.

Berdasarkan kekuatan lensa memokuskan objek, miopia dibedakan menjadi miopia derajat ringan (hingga 3.0 Dioptri), miopia derajat sedang (3.0-6.0 Dioptri), dan miopia derajat berat (6.0 DIoptri atau lebih). Pada miopia derajat berat, retina umumnya lebih tipis akibat perubahan degeneratif pada bagian belakang mata.

Mengenai kelainan refraksi pada mata khususnya mata minus sebenarnya tidak ada batasan secara tegas pada minus berapa masih dibolehkan melahirkan normal artinya resiko komplikasi pada mata tidak ada jika melahirkan normal. 

Tetapi umumnya dipakai batasan minus 5 atau lebih sebaiknya dilakukan seksio sesaria atau melahirkan dengan bantuan alat. Sedangkan dibawah minus 5 masih cukup aman untuk melahirkan normal. Hal ini dengan pertimbangan adanya resiko terjadi ablasio retina (lepasnya retina yg dapat menyebabkan kebutaan) lebih besar pada kondisi mata minus 5 atau lebih, sehingga banyak dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang sangat berhati-hati mempertimbangkan keamanan melakukan persalinan normal pada ibu hamil dengan kondisi tersebut.

Namun ada beberapa penelitian baru yang menyebutkan bahwa  mata dengan minus mata -4,5 hingga - 15 masih dapat melahirkan secara normal dan tidak timbul komplikasi selama kehamilan namun  tentu sebelum memutuskan cara persalinan akan dilakukan konsultasi dulu dengan dokter spesialis mata untuk menilai kondisi mata dan resiko komplikasinya jika melahirkan secara normal.

 

Kami sarankan Anda mendiskusikan kembali dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda terlebih dahulu. Diskusikan juga mengenai perlu/tidaknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata, khususnya ahli retina untuk memastikan kondisi retina Anda. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar