Sukses

Nyeri pada Bekas Operasi FAM

14 Jan 2015, 19:55 WIB
Wanita, 39 tahun.

10 thn yg lalu sy operasi payudara dan hasilnya FAM. Bbrp bln terakhir pada bekas operasi terasa sakit dan seperti ada gumpalan (apa krn bekas operasi?) bentuk payudara tidak berubah seperti kulit jeruk, tapi sedikit terasa panas apabila sedang sakit. Rasa sakit muncul setiap 1 minggu setelah haid dan akan hilang dengan sendirinya setelah hampir 1 minggu. gejala apa itu Dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kelainan payudara yang umum pada wanita muda adalah fibroadenoma mamae. FAM  (Fibroadenoma mammae) merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara diatasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

Tumor jinak payudara (FAM) adalah benjolan pada payudara yang biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong yang sifatnya jinak dan tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh. FAM lebih banyak di derita oleh wanita yang berumur sekitar 16 tahun – 30 tahun dan dapat berulang. Terapi utama untuk FAM adalah dengan pengangkatan tumor (operasi).

Nyeri yang Anda keluhkan bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, misalnya akibat kambuhnya tumor jinak, dipengaruhi hormon saat menstruasi atau nyeri akibat luka operasi. Untuk itu, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kepada dokter terdekat agar dapat diketahui segera penyebab keluhan yang Anda rasakan. Sementara itu, Anda dapat mencoba melakukan pemeriksaan sendiri apakah teraba ada benjolan atau tidak.

Kami lampirkan beberapa artikel terkait kesehatan payudara:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar