Sukses

Nafas Anak Terlihat Berat Saat Tidur

14 Jan 2015, 22:07 WIB
Wanita, 4 tahun.

siang dokter....saya ingin tanya tuk anak ....setiap habis main lari-lari atau capek,nafas selalu berat dan kalo tidur nafas juga berat hidung pilek terus,pernah periksa katanya paru-paru bersih....tapi kalo tidur nafas berat banget...trimakasih sblmnya.....

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Nafas berat seperti apa yang Anda maksud? Apakah anak terlihat sesak? Apakah anak terlihat pucat atau membiru di bibir atau kukunya? Atau apakah anak tidur mendengkur?

Penyebab dari mendengkur pada anak adalah pembesaran tonsil dan adenoid, obstruksi atau sumbatan hidung, berat badan kurang, berat badan berlebih atau obesitas, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, disebutkan juga dalam suatu penelitian bahwa terdapat hubungan antara mendengkur dengan gejala asma (alergi). 

Terapi yang dapat dilakukan antara lainnya adalah mengangkat tonsil dan adenoid,  mengobati alergi yang dimiliki anak, dan menurunkan berat badan bagi anak dengan obesitas. Terapi CPAP dengan masker hidung adalah terapi pilihan untuk mereka yang tetap mendengkur meskipun sudah melakukan tonsilektomi.

Sedangkan pada orang dewasa, mendengkur dapat disebabkan oleh getaran saluran pernapasan akibat dari tersumbatnya aliran jalan napas selama tidur. Sumbatan jalan napas ini mengakibatkan timbulnya suara mendengkur. Sumbatan ini dapat disebabkan oleh :

  • Lemahnya otot di saluran pernapasan yang menyebabkan saluran pernapasan menutup ketika tidur 

  • Gangguan posisi rahang yang dapat disebabkan oleh otot yang tegang

  • Obesitas yang menyebabkan deposit lemak di sekitar saluran napas

  • Sumbatan mekanik di saluran napas

Bahaya lainnya dari mendengkur adalah terjadinya Obstructive Sleep Apnea Syndrome (OSAS) atau henti napas ketika tidur. Sebaiknya periksakan anak Anda ke dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar