Sukses

Haid Tidak Teratur dan KB Spiral

08 Jan 2015, 11:05 WIB
Wanita, 47 tahun.

salam sejahtera..., maaf dokter ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan, tgl 23 september saya haid (selama 4hr) dan tgl 10 oktober (2hr) keluar flex darah merah muda hingga sekarang saya belum juga haid. apakah saya sudah mengalami menopuse sedangkan sekarang saya sedang memakai spiral. mohon penjelasannya dan apa yang harus saya lakukan. Trimakasih atas bantuannya wassalam kamilah

Terimakasih atas kepercayaannya. Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini.

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.  Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

  • pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

  • pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

  • stress psikologis

  • atlet

  • kekurangan vitamin K

  • penggunaan obat-obatan tertentu

  • kelainan pembekuan darah

  • gangguan hormon tiroid, dsb

Spiral merupakan salah satu AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim), yaitu alat yang dimasukkan ke dalam rahim dan mencegah kehamilan dengan cara mekanik, antara lain dengan menganggu lingkungan rahim, dan menghalangi terjadinya pembuahan maupun implantasi. Terdapat dua jenis AKDR: yang tidak dikombinasi dengan hormon, dan yang dikombinasi dengan hormon progesteron. Efek samping yang banyak ditemukan selama 3-5 bulan pertama pemakaian adalah keluarnya bercak atau perdarahan dari vagina. Keluhan terlambat haid juga dapat ditemukan pada pemakaian AKDR yang dikombinasi dengan hormon progesteron. Yang kemudian menjadi pertanyaan kami adalah:

  1. Jenis AKDR manakah yang Anda pakai saat ini? Yang dikombinasikan dengan hormon ataukah tidak?

  2. Sejak kapankah Anda merasakan keluhan haid tersebut? Apakah sejak sebelum atau setelah Anda menggunakan KB spiral? dsb

Masih terlalu cepat untuk menentukan penyebab keluhan Anda, mengingat banyaknya keadaan yang dapat menyebabkan gangguan siklus haid. Untuk saat ini kami sarankan sebaiknya Anda segera melakukan test pack terlebih dahulu untuk menyingkirkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Seperti yang telah kita ketahui, kemampuan AKDR mencegah kehamilan tidak mencapai 100%. Masih ada risiko kegagalan sehingga kehamilan tetap dapat terjadi. Hal ini penting untuk diketahui mengingat pemakaian AKDR dapat meningkatkan risiko terjadinya pembuahan dan kehamilan di luar rahim. Pemakaian AKDR selama kehamilan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk tatalaksana yang lebih optimal. Dokter akan memeriksa posisi dan keadaan AKDR, serta mengevaluasi berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan gangguan siklus haid pada Anda. Diskusikan kekhawatiran dan ketakutan Anda dengan dokter yang merawat, agar dapat dicapai solusi yang terbaik untuk Anda dan suami.

Demikian penjelasan kami. Semoga dapat membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar