Sukses

Nodul Paru

14 Jan 2015, 13:56 WIB
Pria, 32 tahun.

apa yg dimaksud dgn nodul paru

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Nodul di Paru adalah bulatan atau oval yang sering ditemukan pada Toraks foto (X-ray) atau computed tomography (CT) scan. Pada satu dari 500 pembacaan foto Toraks bisa ditemukan suatu Nodul. Mungkin satu atau beberapa Nodul dapat ditemukan pada waku membaca X-ray dari Toraks seorang penderita. Nodul besar kemungkinan jinak atau benign apabila ditemukan pada orang yang masih berumur di bawah 40 tahun, yang bukan perokok.

Penyebab Tumor dan Nodul Paru masih belum begitu jelas, tapi pada umumnya ada masalah dengan peradangan (inflamasi) akibat infeksi (histoplasmosis, coccidioidomycosis, cryptococcosis, or aspergillosis). Dapat juga inflamasi bukan karena infeksi namun akibat dari Rheumatoid arthritis, Wegener granulomatosis. Sarcoidosis. Diantara penyebab lainnya adalah kelainan bawaan (birth defect) seperti cistik paru dan malformasi paru.

Beberapa tipe tumor Paru Jinak (benign) diantaranya:

1. Hamartoma

Tipe ini yang paling sering ditemukan, biasanyya soliter. Bentuknya bulat seperti kelereng, terbentuk dari jaringan mukosa, lemak maupun tulang muda. Biasanya letaknya di perifer (pinggir).

2. Bronchial adenoma

Meliputi hingga separuh dari tumor jinak Paru. Terbenttuk dari mukosa kelenjar dan duktus dari bronchus. Kelenjar mukosa adenoma (mucous gland adenoma) adalah suatu contoh adenoma bronchial.

3. Chondromas, fibromas, or lipomas, adalah tumor Paru yang jarang ditemukan, yang terbentuk dari sel jaringan dan sel lipid.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar