Sukses

Benjolan pada Leher

13 Jan 2015, 09:43 WIB
Wanita, 22 tahun.

minggu sore saya sakit leher dan ada 2 benjolan lalu dikasih paracetamol amoxilin sama obat kuning sofar membaik tapi mash sakit tp skrg ada mual dan pusing blm sembuh , lalu lgkh selanjutnya gmana ?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat dan penurunan berat badan? Bila memang baru tumbuh, tidak keras, atau tidak nyeri kemungkinan besar benjolan tersebut tidak ganas namun untuk membedakannya kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter , dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak atau disebabkan karena masalah tiroid atau bukan.

Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk memeriksakan benjolan di leher Anda, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut  berbahaya atau tidak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar