Sukses

Seputar ISPA
27 Dec 2014, 21:11 WIB
Pria, 24 tahun.

Dokter, Bagimanakah cara penyembuhan ISPA yg efektif dilihat dari sisi medis? dan pencegahannya agar tak kambuh lagi?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com                       

Apa keluhan Anda saat ini? ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah. Yang dimaksud saluran pernapasan adalah organ mulai dari hidung sampai gelembung paru, beserta organ-organ di sekitarnya seperti hidung, tenggorokan, ruang telinga tengah dan selaput paru. 

Penyakit ISPA dibagi dalam dua golongan, yaitu pneumonia (radang paru) dan yang bukan pneumonia seperti batuk pilek. Penyebabnya, virus, seperti Rotavirus, virus Influensa, bakteri Streptococcus pneumoniae dan bakteri Staphylococcus aureus. 

ISPA sendiri cukup berbahaya, karena di Indonesia, pneumonia merupakan penyebab kematian nomor tiga setelah kardiovaskuler (penyakit jantung dan pembuluh darah) dan tuberkulosis (TB). 

Pasien dapat memiliki manifestasi klinis seperti: demam, batuk, sesak nafas, berat badan menurun, myalgia atau nyeri otot, dsb. Jika terjadi pada anak, anak dapat mengalami berbagai efek samping seperti gangguan kecerdasan, gangguan perkembangan motorik, gangguan pendengaran dan keterlambatan bicara.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Daya tahan tubuh memegang peranan penting
    Cold virus maupun virus influenza ada di sekitar kita, sehingga infeksi sangat mudah terjadi. Untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi, daya tahan tubuh berguna untuk melawan infeksi. Faktor seperti kehujanan, berenang terlalu lama, kurang tidur, terlalu capai, kedinginan dan lainnya berperan. Ketika daya tahan tubuh kita kurang baik karena istirahat yang kurang, asupan nutrisi kurang seimbang dan kurang olahraga, maka faktor-faktor di atas dapat memperberat infeksi virus yang telah terjadi atau mempermudah terjadinya infeksi.

  2. Dapat terjadi infeksi sekunder oleh bakteri
    Jika infeksi virus ini tidak segera sembuh maka dapat terjadi infeksi sekunder oleh bakteri. Biasanya ditandai dengan dahak atau cairan ingus yang lebih kental, berwarna kehijauan, keluhan yang tak kunjung reda dan lebih lama. Pada infeksi virus influenza yang tidak segera ditangani, penyakit dapat menjadi semakin berat hingga menyebabkan radang paru. Pada tahap ini, diperlukan pengobatan antibiotik untuk proses penyembuhan.

  3. Jika dalam 2-3 hari tidak sembuh, perlu mengunjungi dokter
    Selesma dapat diatasi sendiri dengan pengobatan rumah atau pengobatan bebas untuk mengatasi keluhan. Istirahat dan cairan yang cukup, konsumsi nutrisi bergizi seimbang, sayur serta buah-buahan dapat membantu mempercepat pemulihan. Namun, jika keluhan tidak dapat diatasi sendiri dalam 2-3 hari sebaiknya segera mengunjungi dokter. Terlebih jika ada kecurigaan infeksi virus influenza, maka memerlukan penanganan segera. Jika ada kecurigaan infeksi bakteri sekunder, jangan mengkonsumsi antibiotik sendiri sembarangan. Hal ini sering menyebabkan pengobatan dengan dosis dan lama yang tidak tepat sehingga memicu terjadinya kekebalan terhadap antibiotik.

  4. Dapat dicegah dengan cara sederhana: Mencuci Tangan
    Mencuci tangan adalah kunci penting dalam pencegahan segala penyakit, termasuk selesma dan influenza. Dengan menjaga kebersihan dan mencuci tangan, rantai penularan penyakit dapat diputus.

Apabila gejala yang Anda alami lama sembuhnya, kemungkinan terdapat penyebab lain (misalkan terdapat infeksi bakteri, sehingga dibutuhkan antibiotik), terdapat alergi (seperti alergi dingin, debu, atau lainnya), atau dikarenakan daya tahan tubuh yang lemah, sehingga kurang mampu melawan penyakit yang Anda alami. Kami menyarankan Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, memastikan penyebab keluhan Anda, serta pengobatan optimal.

Berikut beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar