Sukses

Nyeri Kepala Menjalar Hingga Pundak

13 Jan 2015, 13:59 WIB
Wanita, 53 tahun.

Seminggu ini saya sakit kepala tidak pada satu tempat sampai ke telinga dan terutama bagian kanan belakang sampai kepundak kadang2 diikuti mual. Saya sdh ke dokter saraf dan diberi resep tdd acetaminophen, ericaf dan diazepam dlm bentuk racikan n sementara itu saya minum neurobion sbg vitamin. Gejala sakit berkurang ttp bagian kanan belakang masih terasa sakit yg sedikit berpengaruh ke mata dan telinga kanan, mata kanan saya plus 13/4. Bila saya tekan di bgn belakang yg sakit terasa berpengaruh keperut seperti sendawa n kemata. Seminggu lalu saya periksa kholesterol tinggi 222 n LDL 155, saya juga maag, saya minum simpasvatin sdh 8 hr. Penyakit apa dok dan apakah saya perlu CT scan. Saya takut tumor atau penyumbatan. Terimakasih atas bantuan dan pertolongan dokter.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan sakit kepala berbagai macam tipe dan penyebabnya. Pada Anda mungkin tidak berhubungan dengan maag yang Anda alami. Sakit kepala yang serius gejalanya sangat berat dan datang tiba-tiba dan dapat diserta gejala neurologis. 

Bila Anda mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

  • Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian

  • Gangguan tidur

  • Posisi tubuh yang salah saat bekerja

  • Waktu makan yang tidak teratur

  • Kelelahan mata

  • Penghentian konsumsi kafein

  • dll

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH pada diri anda. 50% penderita TTH mengalami kekambuhan penyakitnya akibat dipicu oleh rasa lapar atau stress. Bagaimana dengan diri Anda? Jika Anda perhatikan, faktor apa saja yang menjadi pemicu keluhan Anda untuk timbul?

Dengan menghindari faktor pencetus TTH, diharapkan dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa nyeri dan membantu Anda untuk menghindari kejadian berulangnya keluhan yang Anda rasakan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar