Sukses

Sering Nyeri Perut di Usia Kehamilan 6 Bulan

29 Dec 2014, 11:18 WIB
Wanita, 30 tahun.

kenapa disaat hamil 6 bulan sering kena sakit perut

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Di mana letak nyeri perut Anda? Kapan nyeri perut itu timbul? Nyeri perut bawah merupakan salah satu keluhan yang seringkali ditemui pada ibu hamil. Sebenarnya tidak semua nyeri timbul akibat suatu kelainan yang serius, terutama apabila hanya dirasakan sesekali. Pengaruh gas dalam perut, penekanan organ oleh rahim yang membesar, peregangan dan penebalan ligamentum penahan rahim, perubahan posisi tiba-tiba, dan konstipasi juga dapat menyebabkan keluhan yang serupa.

Bagaimanapun, hal ini perlu dikonfirmasi kembali melalui pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikannya. Apabila terasa sangat mengganggu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk menilai kondisi rahim, janin dalam kandungan, beserta jaringan sekitarnya. Adapun pemeriksaan USG sebaiknya dilakukan minimal sebanyak empat kali (satu kali saat trimester pertama, satu kali saat trimester kedua, dan dua kali saat trimester ketiga kehamilan).

Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kecukupan nutrisi Anda dan janin dalam kandungan Anda, disertai istirahat cukup dan olahraga secara teratur. Anda dapat memanfaatkan Rubrik Kehamilan dan Kandungan kami atau menggunakan fitur Kalender Kehamilan kami yang terletak pada bagian kanan halaman depan situs klikdokter.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai pertumbuhan dan perkembangan janin beserta tips-tips yang perlu diketahui ibu hamil sejak kehamilan minggu pertama hingga minggu ke-40.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar