Sukses

Bintik Merah pada Penis, Sifilis?

27 Dec 2014, 14:51 WIB
Pria, 31 tahun.

Apa obat spilis yang jual bebas di apotik. Terima kasih, soalnya kelamin saya muncul kemerahan dan seperti jerawat namun tidak sakit atau gatal.

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan menjelaskan sekilas mengenai sifilis. Sifilis merupakan penyakit infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Sifilis ditularkan melalui kontak seksual dengan lesi terinfeksi, dari ibu ke anak dalam rahim, melalui transfusi darah, dan sangat jarang sekali melalui luka di kulit yang terkena dengan luka sifilis.

Sifilis dibagi menjadi sifilis primer, sekunder dan latent. Sifilis primer terjadi 3 minggu setelah kontak dengan penderita.

Gejala yang muncul adalah luka pada kelamin disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening. Luka yang muncul biasanya satu luka dapat besar atau kecil. Sifilis sekunder terjadi 2 - 10 minggu setelah luka pada kelamin dan dapat melebar 3 - 4 bulan setelah infeksi. Luka pada sifilis sekunder ini menyebar ke seluruh tubuh dimana bentuk luka tersebut adalah merah-merah terkadang disertai perasaan mual, nyeri dan lemas.

Bentuk sifilis ini dapat menyebar ke otak dan menyebabkan kematian. Bentuk latent dapat timbul setelah 25 tahun terinfeksi, gejala yang dapat muncul dapat berentuk sifilis jenis primer ataupun sekunder yang dapat menginfeksi otak dan menyebabkan kematian. 

Mohon maaf karena kode etik kedokteran, kami tidak dapat memberikan resep obat di media ini. Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat untuk keluhan Anda.

Mengenai keluhan Anda yaitu terdapat bintik merah pada kelamin Anda. Bintik merah di penis memiliki banyak penyebab, bisa penumpukan jaringan minyak, infeksi bakteri, virus, parasit, dan sebagainya. Terapi akan disesuaikan dengan kemungkinan penyebabnya. Perlu diketahui bentuknya dan konsistensi bercak-bercak tersebut? luasnya? Adakah luka di daerah penis Anda? Adakah rasa gatal, panas atau nyeri pada kelamin anda? Apakah ada cairan yang keluar dari penis anda?

Sulit bagi kami untuk mendiagnosa tanpa keterangan yang lengkap dan pemeriksaan fisik. Karena penegakkan diagnosis untuk kelainan kulit memang paling baik dibuat setelah dilakukan pemeriksaan langsung yaitu wawancara medis yang mendalam, pemeriksaan fisik secara langsung dan juga pemeriksaan tambahan atau penunjang bila diperlukan. Mengingat keterbatasan fitur konsultasi kami, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan langsung supaya penanganan lebih optimal. Hindari untuk mengobati sendiri kelainan pada organ kelamin untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Untuk menjawab pertanyaan kedua Anda mengenai berbahayakah melakukan oral sex, kami sertakan artikel yang berjudul Sehatkah Oral Seks? untuk dapat Anda baca

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar