Sukses

Anak Tidak Nafsu Makan

29 Dec 2014, 18:13 WIB
Wanita, 33 tahun.

anak saya umur 1 tahun 8 bulan gak ada nafsu makan, udah berbagai cara termasuk multivitamin tetap gak ada hasil. berat badan anak saya 8 kg. salahkah saya kalo menambah porsi minum susunya? tambahan informasi: anak saya sangat hobi minum air putih. terima kasih atas jawabannya

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kadangkala bila anak sering sakit, memang pertumbuhannya agak terhambat, karena ia jadi membutuhkan lebih banyak energi untuk tumbuh normal, dan untuk proses penyembuhan sakitnya itu. Selain itu pada anak yang sakit, biasanya nafsu makannya akan menurun. Bila anak sering sakit, ada baiknya periksa ke dokter anak, sebab bisa jadi ada proses yang sifatnya kronis, atau bisa juga ada masalah lain yang belum diketahui, misalnya ada suatu infeksi. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar si kecil mau makan, antara lain:

  1. Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang. Jangan biarkan anak terlalu sering jajan di luar makanan utama karena dapat menyebabkan anak kenyang. Jika terlalu sering    jajan, dia tidak akan merasa lapar saat tiba saatnya makan, selain itu cakupan gizi dalam jajanan tersebut belum tentu mencukupi kebutuhan anak.
  2. Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak sehingga anak tidak bosan. Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda.
  3. Tambahkan susu secukupnya. Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Cukup 2-3 gelas susu formula sehari didampingi ASI. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi.

Yang perlu diperhatikan adalah pertumbuhan dan perkembangan anak serta kondisi gizi anak. Anak usia Bila setelah menjalankan tips di atas masih belum ada perubahan, sebaiknya konsultasikan kondisi anak Anda ke dokter spesialis anak. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar