Sukses

Sakit Kepala dan Gangguan Keseibangan

22 Dec 2014, 16:13 WIB
Wanita, 78 tahun.

Saya tiap hari sakit kepala. Kadang terasa mau jatuh/terganggu kesimbangan. Apa solusinya/obatnya ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami perlu menanyakan beberapa informasi berikut: apakah nyeri kepala di seluruh bagian kepala, bagian tertentu atau nyeri kepala sebelah? Nyeri seperti diikat atau berdenyut? Adakah gejala lain seperti kesemutan/baal, mual, muntah, kelemahan sisi tubuh, gangguan penglihatan, penurunan berat badan? Bagaimana intensitas nyeri Anda, apakah sama atau semakin lama semakin berat? Apakah saat gejala muncul Anda melihat lingkungan sekitar seperti bergoyang atau berputar?

Perlu dibedakan antara pusing dan sakit kepala. Pusing biasanya disertai perasaan lingkungan seperti berputar (vertigo). Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dan sebagainya. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dan lain-lain.

Keluhan pusing yang disertai dengan kurangnya keseimbangan tersebut mungkin merupakan suatu gejala dari vertigo. Vertigo ialah adanya sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh seperti  rotasi (memutar) tanpa adanya perputaran yang sebenarnya, dapat sekelilingnya terasa berputar (vertigo objektif) atau badan yang berputar  (vertigo subjektif). 

Vertigo termasuk kedalam gangguan keseimbangan yang dinyatakan sebagai pusing, pening, sempoyangan, rasa seperti melayang atau dunia seperti berjungkir balik. 

Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga dapat berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba. Secara umum, penyebab timbulnya vertigo dapat bermacam-macam dari keadaan yang ringan hingga keadaan berat, secara garis besar meliputi:

  1. Keadaan lingkungan ?- Motion sickness (mabuk darat, mabuk laut)
  2. Obat-obatan ?- Alkohol ?- Gentamisin
  3. Kelainan sirkulasi ?- Transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak) pada arteri vertebral dan arteri basiler
  4. Kelainan di telinga ?- Endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam       (menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo) ?- Infeksi telinga bagian dalam karena bakteri ?- Herpes zoster ?- Labirintitis (infeksi labirin di dalam telinga) ?- Peradangan saraf vestibuler ?- Penyakit Meniere
  5. Kelainan neurologis/saraf ?- Sklerosis multipel ?- Patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya ?- Tumor otak ?- Tumor yang menekan saraf vestibularis.

Pengobatan tergantung kepada penyebabnya. Betahistin merupakan obat golongan antihistamin yang digunakan pada pengobatan vertigo. Penggunaan obat ini dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual dan muntah, gangguan lambung hingga terjadi tukak, serta ruam kulit. Dampak vertigo tentunya juga tergantung dari penyebab atau kondisi yang mendasari timbulnya vertigo. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut apa yang menjadi penyebab vertigo Anda sehingga Anda mendapat terapi yang optimal. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak. Penanganan dan pencegahan akan disesuaikan dengan penyebabnya yang terlebih dahulu perlu diketahui.

Berikut adalah artikel yang dapat menambah informasi tentang vertigo:

Vertigo dan Mengenal Vertigo.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar