Sukses

Pengobatan SLE

25 Dec 2014, 21:29 WIB
Wanita, 43 tahun.

pengobatan jangka panjang terbaik untuk penderita SLE

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai SLE. Lupus eritematosus sistemik (LES) adalah penyakit autoimun sistemik yang ditandai dengan adanya autoantibodi terhadap autoantigen, pembentukan kompleks imun, dan disregulasi sistem imun, menyebabkan kerusakan pada beberapa organ tubuh. Perjalanan penyakitnya bersifat episodik (berulang) yang diselingi periode sembuh.

Pada setiap penderita, peradangan akan mengenai jaringan dan organ yang berbeda. Beratnya penyakit bervariasi mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang menimbulkan kecacatan, tergantung dari jumlah dan jenis antibodi yang muncul dan organ yang terkena. Perjalanan penyakit LES sulit diduga dan sering berakhir dengan kematian.

Dalam mengobati LES sangat bergantung dari derajat keparahan dan manifestasi klinisnya. Preparat hydroxychloroquine berperan penting dalam penanganan LES dalam jangka waktu lama. Biasanya dapat juga ditambahkan preparat steroid untuk menekan reaksi imun. Namun sekali lagi pengobatan yang diberikan dan teknik mengobatinya sangat bergantung dari derajat dan gejala klinis yang dialami.

Dengan penanganan yang intensif Lupus dapat ditangani, oleh karena itu kami menyarankan pada setiap penderita lupus melakukan konsultasi yang menyeluruh dengan dokter subspesialis alergi imunologi untuk mengetahui pengobatan yang tepat.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi dan pengetahuan Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar