Sukses

Cedera Lutut

09 Jan 2015, 16:36 WIB
Pria, 29 tahun.

Dear Dokter, Saya mahbub amin pernah mengalami jatuh ketika bermain futsal karena posisi kaki dan badan tidak sejalan ketika bergerak membawa bola. Setelah itu saya jatuh dan 2 hari tidak dapat berjalan karena lutut membengkak? Sudah 3 bulan dan samapai sekarang ini ketika kaki sebelah kanan saya buat berjalan selalu terdengar bunyi "kletuk-kletuk" apakah kaki saya akan dapat sembuh dengan normal kembali? mengingat kata dokter katanya memang sembuhnya lama! Apakah memang benar begitu atau kaki saya memang tidak akan kembali seperti semula? Terima kasih. Mohon di balas!

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Trauma pada lutut dapat mengakibatkan berbagai gangguan ataupun peradangan pada sendi. Mengingat usia anda, maka komplikasi dari trauma ini akan lebih besar lagi. Trauma pada lutut dapat mengakibatkan peradangan pada sendinya ataupun tulang yang terlibat. Kemungkinan lain adalah cedera atau patah pada tempurung lutut. Kemungkinan berikutnya adalah putusnya ligamen penyangga lutut. Namun semua ini akan tergantung dari detail kejadian trauma dan kerasnya trauma yang terjadi.

Trauma pada lutut yang tidak tertangani dapat menjadi osteoartritis atau peradangan pada tulang tempurung lutut. Kami sarankan agar anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis bedah tulang (orthopaedi) untuk evaluasi lebih lanjut mengenai kondisi lutut anda. Mungkin saja dibutuhkan pemeriksaan penunjang seperti roentgen lutut atau MRI untuk melihat cedera yang terjadi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar