Sukses

Menangani Autisme

12 Jan 2015, 09:09 WIB
Pria, 39 tahun.

Anak ku usia 5thn6bln belum bisa bicara, diagnosa autism ringan shg sejak umur 3 thn terapi OT TW, beberapa kali kejang tanpa deman shg di MRI hasil nya :Gambaran radiologis microgyria disertai focal cortical dysplasia di daerah temporal kanan. Penebalan mukosa sinux maxillaris, sinus ethmoidalis dan sphenoidalis bilateral. Apa yg kami lakukan lg?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Autisme merupakan gangguan perkembangan fungsi otak yang mencakup bidang sosial dan fungsi afek, komunikasi verbal (bahasa) dan non verbal, imajinasi, fleksibilitas, lingkup minat, kognisi dan atensi.

Penyebab pasti dari autisme belum diketahui. Beberapa penelitian membuktikan bahwa beberapa penyebab autisme adalah ketidakseimbangan biokimia, faktor genetik dan gangguan imunitas tubuh. Beberapa kasus yang tidak biasa disebabkan oleh infeksi virus (TORCH), penyakit- penyakit lainnya seperti fenilketonuria (penyakit kekurangan enzim), dan sindrom X (kelainan kromosom). Faktor konsumsi bahan makanan ibu selama hamil memang diduga memiliki potensi dalam perkembangan autisme, namun hal ini masih menjadi kontroversi mengingat belum ada penelitian yang membuktikannya.

TERAPI AUTISME

Tatalaksana autisme  dibagi menjadi 2 bagian: edukasi kepada keluarga dan penggunaan obat-obatan. Bila terapi oleh tenaga terlatih tidak dapat dilakukan karena faktor biaya, keluargapun dapat melakukannya dengan berbekal tekad dan kesabaran. Oleh karena keluarga memerankan peran yang penting dalam membantu perkembangan anak, terutama orang tua yang merupakan orang terdekat mereka yang dapat membantu untuk belajar berkomunikasi, berperilaku terhadap lingkungan dan orang sekitar, intinya keluarga adalah jendela bagi penderita untuk masuk ke dunia luar, walaupun diakui hal ini bukanlah hal yang mudah.

Dari beberapa penelitian terakhir, tatalaksana gangguan autisme yang berkembang adalah terapi perilaku, terapi ini dipercaya terapi paling penting. Dasarnya adalah perilaku yang diinginkan dan yang tidak diinginkan bisa dikontrol atau dibentuk dengan sistem reward dan punishment. Pemberian hadiah akan meningkatkan munculnya perilaku yang diinginkan, sedangkan hukuman akan menurunkan perilaku yang tidak diinginkan.

Untuk penanganan autisme lebih lanjut, kami menyarankan Anda dapat mengunjungi dokter spesialis anak dan dokter spesialis psikiatri anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar