Sukses

Nutrisi Penyembuhan Tulang

22 Nov 2014, 08:11 WIB
Pria, 41 tahun.

Sy penderita patah tulang 8 rusuk dada Makanan yg tdk boleh dan yg hrs sy konsumsi apa?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin atas kejadian yang menimpa Anda, semoga Anda diberikan kesembuhan dan kesehatan selalu. Asupan nutrisi yang baik seperti cukupnya vitamin A, vitamin D, kalsium, vitamin C, fosfor, magnesium, dll dapat membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang yang kuat dan sempurna.

Namun tidak hanya asupan nutrisi yang mempengaruhi proses penyembuhan tulang, faktor lain yang mempengaruhi yaitu :

  • imobilisasi patahan tulang (tulang yang patah di reposisi/dikembalikan pada posisi normal dan dipasang fiksasi interna maupun eksterna)
  • kontak fragmen/patahan tulang maksimal (fragmen tulang yang bergeser harus benar-benar akurat dan dipertahankan dengan sempurna agar penyembuhan benar-benar terjadi)
  • Usia pasien dan jenis patah tulang juga berpengaruh pada waktu penyembuhan
  • Latihan pembebanan berat badan (akan merangsang penyembuhan pada fraktur/patah tulang panjang, yang telah stabil pada ekstremitas bawah, berbagai macam aktivitas yang akan meminimalkan terjadinya osteoporosis / reduksi massa tulang total),
  • didukung hormon-hormon pertumbuhan seperti tiroid, kalsitonin, vitamin D, steroid anabolik, serta potensial listrik (stimulator) pada patahan tulang.

Kedisiplinan dalam terapi juga memegang peran penting dalam penyembuhan suatu penyakit. Jadi rutinlah kontrol dan memeriksakan diri sesuai dengan Anjuran jadwal terapi dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar