Sukses

Tertular Virus Herpes Simpleks Karena WC Umum

12 Jan 2015, 22:08 WIB
Wanita, 34 tahun.

Saya +hsv2 trtular krn wc umum, suami negative hsv2 tp tdk mau memakai kondom kemungkinan skr suami pun trtular. Apakah benar hsv2 tdk bisa sembuh? Kami ingin memiliki keturunan. Terapi apa yg hrs saya jalani?kmrn saya dberi valaciclovir & imboost apakah seumur hidup saya hrs minum? Bgmn dg suamiku apakah hrs minum jg? Kami bkum cek lg krn trlalu mahal obat2annya, apakah ada obat generiknya?thanks dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Infeksi Herpes Simpleks Virus tipe 2 adalah infeksi virus yang umumnya dapat terlihat pada kemaluan seseorang, dan ditularkan melalui hubungan intim atau seksual. Namun bisa juga ditemukan pada bagian kulit lain.

Gejala yang dapat muncul adalah adanya lesi pada kulit, terutama tempat virus tersebut masuk. Selain itu, bisa juga terdapat gejala-gejala infeksi virus pada umumnya seperti demam, nyeri tulang, sakit kepala, dll. Sampai saat ini, infeksi virus herpes simplex belum ada obatnya. Ketika gejala hilang, virus tersebut sebenarnya masih ada dalam keadaan "tidur" di dalam tubuh. Sewaktu-waktu jika sistem pertahanan tubuh sedang turun, virus tersebut dapat mengalami reaktivasi dan lesi-lesi pada kulit muncul lagi. Tergantung tingkat keparahan infeksi, dapat diberikan obat anti-virus seperti acyclovir untuk mengontrol infeksi.

Sementara itu, hal-hal yang dapat dilakukan sendiri adalah menjaga daerah kulit yang terinfeksi sebersih dan sekering mungkin. Tindakan ini dapat membantu proses penyembuhan. Beberapa ahli merekomendasikan mandi dengan air hangat untuk membersihkan daerah yang terinfeksi. Hindari penggunaan krim ataupun losio apapun karena dapat mengiritasi lesi. Hindari penggunaan sabun, pakaian, atau handuk bersamaan dengan orang lain. Selain itu, jagalah sistem pertahanan tubuh dengan istirahat yang cukup serta makan makanan yang bergizi. Hal ini tentunya juga berlaku untuk Anda serta suami.

Tentu saja suami Anda juga perlu dilakukan pemeriksaan, mengingat penularan infeksi ini dapat melalui hubungan intim. Obat-obat antivirus ini sendiri ada yang jenis generiknya. Berkonsultasilah dengan dokter Anda, dan mintalah untuk diberikan obat generik untuk mengatasi keluhan ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar