Sukses

Batuk Lama

25 Nov 2014, 16:31 WIB
Wanita, 21 tahun.

dokter temen saya batuk sama pilek udah 3 minggu tidak sembuh-sembuh. terus kalo batuk perutnya sakit seperti ditusuk. terus badannya kalo malam terasa ngilu. menurut dokter teman saya sakit apa?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda mengenai keluhan teman Anda, kami ingin menanyakan beberapa pertanyaan. Apakah keluhan tersebut disertai dengan keluhan lain, seperti demam dan pilek? Apakah teman Anda sering merasakan keringat pada malam hari? Apakah ada penurunan nafsu makan dan penurunan berat badan? Apakah teman Anda sebelumnya memiliki riwayat penyakit paru? Sayang sekali Anda tidak menyebutkan secara lengkap keluhan teman Anda. Namun, batuk lama lebih dari 3 minggu dapat menjadi salah satu gejala dari tuberkolusosis (TB).

Kami akan menjelaskan mengenai TB tersebut. Tuberkulosis (TB) atau istilah awam juga dikenal dengan TBC adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB yaitu Mycobacterium tuberculosis. Pasien akan datang dengan batuk berdahak ≥ 3 minggu. Batuk disertai dahak, dapat bercampur darah atau batuk darah. Keluhan dapat disertai sesak napas, nyeri dada atau pleuritic chest pain (bila disertai peradangan pleura), badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan menurun, pegal linu, berkeringat malam tanpa kegiatan fisik, dan demam meriang lebih dari 1 bulan.

Pengobatan TB sendiri membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Apakah teman Anda juga merasakan keluhan yang sama seperti diatas? Jika ya, kami menyarankan Anda untuk segera memeriksakan teman Anda ke dokter terdekat, agar dapat diketahui pasti penyebab masalah dan solusi yang tepat sesuai kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar