Sukses

Nyeri Bekas Operasi Kista Ovarium

08 Jan 2015, 16:14 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok saya sudah 3 tahun yang lau operasi kista ovarium,tapi sampai sekarang saya masih merasakan nyeri pada daerah luka yg d operasi itu,apakah itu wajar atau tidak dok???

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Luka operasi memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah operasi bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. Selama masa penyembuhan tersebut, rasa nyeri mungkin masih dapat dirasakan.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Bila keluhan semakin mengganggu, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter yang mengoperasi Anda untuk mendapat penanganan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar