Sukses

Kulit Wajah Berminyak, Kulit Tangan Kering

05 Nov 2014, 18:02 WIB
Wanita, 29 tahun.

siang Dok, saya Linda dari Medan, dok saya mau bertanya mengenai mslh pd kulit saya,kulit saya brwrna coklat,saya merasa kulit saya bermasalah,pada bagian wajah kulit saya sangat berminyak dan cenderung selalu berlebih saat berkeringat, meskipun saya sudah mencoba berbagai cara untuk membersihkan wajah saya ,agar terlihat segar,tapi setelah 1 jam kemudian akn terlihat kusam lgi , sementara untuk kulit di bagian atas telapak tagan,mksud saya di kulit ats luar, itu cenderung kering dan keriput . padahal saya sangat rajin memakai lotion atw sejenis pelembab agar mengurangi kesan keriput, cuma sprtinya usha sy hanya mengurangi sedikit kekeringan di kulit saya,gmn sebaik nya menurut dokter untuk solusi bgi kulit saya??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Perlu diketahui bahwa setiap kulit manusia memiliki variasi yang berbeda, termasuk jenis kulit. Penyebab kulit berminyak adalah aktifitas kelenjar minyak (sebum) yang berlebihan. Sedangkan kulit yang kusam dapat dipicu oleh asupan nutrisi yang kurang seimbang, rendahnya konsumsi air putih harian, dan paparan sinar matahari.

Berikut adalah langkah-langkah mengatasi kulit berminyak dan kusam yang dapat Anda terapkan:

  • Bersihkan wajah, setidaknya 2 kali sehari terutama saat selesai beraktifitas dan setelah memakai make up
  • Gunakan pembersih wajah khusus kulit berminyak
  • Pilihlah pelembab yang berbahan dasar air
  • Gunakan tabir surya dengan kekuatan SPF minimal 30, ulang pemakaian setiap 2 jam sekali
  • Pilih segala macam produk perawatan kulit yang bertanda non comedogenic
  • Tingkatkan konsumsi vitamin A, C dan E dalam nutrisi harian
  • Minum air putih minimal 1,5 liter per hari.

Seiring dengan pertambahan usia, terdapat beberapa perubahan pada struktur dan elastisitas kulit karena berkurangnya produksi minyak alami serta kolagen kulit. Kondisi diperburuk dengan paparan bahan iritan yang apabila pajanannya terakumulasi dapat menyebabkan penebalan kulit, kering, retak hingga luka.

Tak pelak, kelemababan kulit pun harus diperhatikan dengan berbagai macam langkah sebagai berikut:

  • Hindari penggunaan sabun antiseptik, terutama yang menghasilkan banyak busa
  • Hindari mandi menggunakan air panas
  • Hindari tindakan menggosok kulit (contohnya sabun dengan kandungan scrub atau tindakan mengeringkan kulit menggunakan handuk)
  • Gunakan losio yang mengandung pelembab. Semakin kering dan tebal kulit, maka konsentrasi pelembab yang dibutuhkan juga semakin besar
  • Hindari tindakan mengamplas kulit yang kering, karena tindakan tersebut justru akan membuat kulit menjadi tebal, kasar hingga luka.

Konsultasikan kondisi kulit Anda ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mendapatkan terapi optimal. Biasanya Dokter akan memberikan krim yang mengandung AHA, hidrokuinon, retinoin, vitamin C dan kandungan lainnya yang dapat membuat kulit terlihat sehat. Terapi laser juga dapat membantu mengatasi kulit kusam.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar