Sukses

Penanganan Rhinitis Alergi

15 Dec 2014, 23:08 WIB
Wanita, 35 tahun.

Sy menderita pilek udh bertahu.. kt dokter sy alergi debu.dingi. dll. Tp skr hidungnya tambah parh sakitnnya sehingga kadang2kadang2 pendengaran sy juga jauh krn pengaruh hidung tersum.bat terus, gmn solusinnya dok? trimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan atas keluhan Anda. Keluhan yang anda alami kemungkinan adalah rinitis alergi. Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat keturunan alergi), yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa.

Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Sebenarnya bersin adalah mekanisme normal dari hidung untuk membersihkan diri dari benda asing, tetapi jika bersin sudah lebih dari lima kali dalam satu kali serangan maka dapat diduga ini adalah gejala rhinitis alergi. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak.  Hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata.

Terapi yang dilakukan adalah :

  • Terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab. Bagaimana dengan Anda? apakah Anda mengetahui penyebab munculnya bersin dan pilek?

  • Pengobatan, penggunaan obat antihistamin H-1 adalah obat yang sering dipakai sebagai lini pertama pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat Kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung akibat repon fase lambat tidak berhasil diatasi oleh obat lain

Bila sudah terjadi pembengkakan konka yang disertai dengan gangguan perrnafasan biasanya memang dilakukan tindakan operasi, namun mengenai hal ini harus dialkukan konsultasi lagi dengan dokter specialis THT karena kami tidak melakukan pemeriksaan fisik Anda jadi kami tidak bisa melihat kondisi THT Anda, nanti dokter THT Anda yang akan mengambil keputusan apakah perlu dioperasi atau tidak. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar