Sukses

Palpitasi Premature Contraction

12 Jan 2015, 22:21 WIB
Pria, 27 tahun.

dok, sudah 3 bulan ini saya mengalami palpitasi premature contraction, hasil cek darah dan ecchocardiograph normal dan saya juga tidak dalam tekanan psikis. sudah 2 bulan ini saya mengkonsumsi bisoprolol dan car-Q tetapi palpitasi belum juga selesai. ada solusi lain nggak dok untuk mengatasi palpitasi ini ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat dua jenis Premature Atrial Contraction, yaitu PAC dan PVC.
PAC (Premature Atrial Contraction), seperti namanya, SA node memberikan sinyal sebelum denyut sebelumnya selesai. Sama halnya dengan PVC (Premature Ventricle Contraction), otot ventrikel berkontraksi saat masih ada darah tersisa di jantung.  PAC dan PVC bila terjadi, akan terasa seperti ada lompatan atau ketukan kecil di dada. Keduanya merupakan variasi normal dan tidak berbahaya.

Jika hasil pemeriksaan sebelumnya dikatakan tidak ada kelainan, maka ada baiknya Anda menenangkan diri dan tidak cemas. Penanganan Palpitasi Dilakukan Sendiri, misalnya;

  • Merubah gaya hidup sesuai dengan jenis penyakit yang menyebabkan palpitasi.
  • Menghentikan konsumsi kafein dan alkohol.
  • Berhenti merokok dan jauhi asap rokok orang lain
  • Membuat jurnal dan mencatat waktu kejadian, lama kejadian, dan keluhan yang dirasakan. Informasi ini sangat berguna bagi dokter untuk menegakkan diagnosis.

Namun perlu diperhatikan, bila gejala dirasakan terus menerus atau semakin sering, atau bila terjadi tiba-tiba dan sudah merasakan mual dan muntah, pusing dan sakit kepala. berkeringat dingin, atau bahkan sakit di daerah dada, Jangan menunda untuk segera mencari pertolongan ke dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar