Sukses

Cantengan

05 Nov 2014, 17:58 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok, Saya mau tanya bagaimana mengobati jempol kaki yg cantengan? Jempol kaki kiri saya sudah cantengan agak lama, sekitar hampir 2 tahunan, Selama ini saya sdh pernah saya obati secara tradisional (oles daun pacar, garmicyn, betadin, minyak tawon) tp blm sembuh jg. Kondisi sakitnya naik turun, kadang sakit sekali, kadang sakit hanya kalo tersentuh atau tertekan, kadang bernanah, dan kadang tdk, perkiraan saya dipengaruhi pertumbuhan kuku, kalo kuku saya biarkan panjang tdk terlalu sakit, dan sakit sekali kalo habis saya potong pendek... Pertama yg cantengan hanya di sudut kiri atas, tapi kemudian yg sudut kanan atas jg sakit. Bagaimana ini dok? Terima kasih sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Cantengan (paronikia) memang termasuk kondisi yang tidak mudah disembuhkan. Berikut beberapa kiat yang dapat Anda aplikasikan di rumah untuk mengatasi hal ini:

  1. Merendam kuku dalam air hangat 3-4 kali sehari selama 5-10 menit, sampai gejala menghilang. Jangan lupa untuk mengeringkan kuku setelah merendamnya.
  2. Memastikan agar daerah kuku dan sekitarnya selalu kering dan bersih.
  3. Jangan menggunakan produk-produk yang dapat mengiritasi (sabun dengan parfum, cat kuku, pembersih cat kuku).
  4. Hindari terjadinya trauma (tersandung batu/meja).
  5. Hindari manipulasi pada daerah kuku dan sekitarnya (manikur, menggunting sendiri daerah yang infeksi).

Mengetahui cantengan yang Anda alami sudah berlangsung cukup lama, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada penyebab lain seperti jamur atau alergi.

Pembedahan kuku untuk mengangkat kuku yang rusak dan terinfeksi serta pengeluaran nanah juga mungkin diperlukan jika infeksi yang terjadi cukup parah. Anda tidak perlu kuatir mengenai pembedahan kuku, karena tindakan ini diperlukan agar infeksi tidak meluas dan menyebar. Jika kuku Anda diangkat maka kuku biasanya akan tumbuh kembali dalam kurun waktu 6 bulan.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar