Sukses

Benjolan pada Leher dan Nyeri Kepala

08 Jan 2015, 16:05 WIB
Wanita, 24 tahun.

Pagi dok,.... di belakang sekitar leher saya, selalu muncul benjolan kalau saya sedang kecapekan, hal tersebut kemudian disertai sakit kepala yg sangat mencenkam ... apakah hal ini termasuk kanker kelnjar betah bening.?? dan bagaimana cara pencegahannya... Trima kasih,...

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan menjelaskan beberapa kemungkinan penyebab timbulnya benjolan di leher. Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat dan penurunan berat badan? Bila memang baru tumbuh, tidak keras, atau tidak nyeri kemungkinan besar benjolan tersebut tidak ganas namun untuk membedakannya kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak atau disebabkan karena masalah tiroid atau bukan.

Keluhan kedua Anda adalah nyeri kepala mencekam jika kelelahan. Kami menduga Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

  • Stress: biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian
  • Gangguan tidur
  • Posisi tubuh yang salah saat bekerja
  • Waktu makan yang tidak teratur
  • Kelelahan mata
  • Penghentian konsumsi kafein
  • dll

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH, faktor-faktor pencetus TTH perlu dihindari. Lima puluh persen penderita TTH mengalami kekambuhan penyakitnya akibat dipicu oleh rasa lapar atau stress. 

BIla keluhan tidak hilang dengan mengatasi faktor pencetus, ada baiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar