Sukses

Rambut Tipis dan Sedikit

27 Dec 2014, 10:28 WIB
Wanita, 43 tahun.

Dok..anak saya perempuan usia 15th, rambutnya tipis sekali dan sedikit, saya ada beberapa kali konsul ke dokter, pernah dikasih shampo, vitamin, dan tonik, terakhir saya bawa je dokter kecantikan, dan menjalani perawatan PRP, itu lumayan mahal 8jtan, tp ga ada hslnya, mohon saran dok,

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertumbuhan rambut di kulit kepala kita tidaklah terus-menerus, melainkan melalui 3 fase yaitu : anagen, katagen, dan telogen. Setiap helai rambut memiliki fase yang berbeda antara satu dengan yang lain. Fase anagen adalah fase pertumbuhan yang berlangsung selama 2 – 8 tahun. Selanjutnya memasuki fase katagen atau fase peralihan yang berlangsung selama 2 – 3 minggu, dimana pada fase ini terjadi penyusutan folikel rambut dan rambut mulai rontok. Dan setelah itu pada fase telogen atau fase istirahat, yang berlangsung selama 2 -4 bulan.

Rata-rata rambut akan rontok sebanyak 50 – 100 helai per hari. Rambut yang tipis lebih banyak dipengaruhi oleh faktor keturunan dan juga pertambahan usia. Banyak orang yang saat memasuki usia 30 – 40 an, mulai menyadari bahwa rambut mereka mulai menipis, namun pada setiap orang derajat penipisannya akan berbeda-beda.

Rambut tipis dapat juga berkaitan dengan : Kerusakan rambut akibat produk-produk perawatan rambut; seperti pewarnaan rambut, mesin pengering rambut, alat-alat catok. Kebiasaan mencabut rambut (trikotilomania). Penggunaan obat-obatan, seperti antidepresan, retinoid, antiinflamasi non-steroid, pengencer darah, obat KB, obat antihipertensi, kemoterapi, dan radiasi. Sehabis menjalani operasi, infeksi berat, stress emosional. Penyakit, seperti lupus dan gangguan tiroid. Keracunan logam berat, seperti talium atau arsen. Malnutrisi, kekurangan protein atau zat besi. Kerusakan struktur rambut akibat terbakar atau trauma lain. Infeksi jamur pada kulit kepala. Gangguan hormonal, seperti pubertas, kehamilan, dan menopause.  

Untuk mengatasi rambut tipis, tentu harus dilihat dari faktor penyebabnya terlebih dahulu. Sebagai contoh jika disebabkan oleh penyakit tertentu, maka mengobati penyakitnya adalah terapi yang terbaik. Jika penipisan rambut disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, maka penghentian obat dapat mencegah kerontokan rambut lebih lanjut dan rambut akan kembali tumbuh. 

Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab dan penanganan dari kondisi anak Anda tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar