Sukses

Pengaruh Konsumsi Obat dengan Batu Ginjal

13 Jan 2015, 21:09 WIB
Wanita, 56 tahun.

di ginjal saya ada dua batu masing-masing sebesar 6mm dan 18 mm. sedangkan sekarang saya sedang ada penjakit flag di lambung dan infeksi di lambung, dan ada rasa nyeri di tangan sampai leher. saya sudah konsul ke dokter saraf dan lambung dan sudah diberi obat.saya takut obat yang diberikan apa akan memperbesar batu di ginjal saya...apa yang mesti saya lakukan. terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Jenis batu ginjal yang paling sering (lebih dari 80 %) adalah yang terbentuk dari kristal kalsium oksalat.

Pendapat konvensional mengatakan bahwa konsumsi kalsium dalam jumlah besar dapat memicu terjadinya batu ginjal. Namun, bukti-bukti terbaru malah menyatakan bahwa konsunsi kalsium dalam jumlah sedikitlah yang memicu terjadinya batu ginjal ini. Hal ini disebabkan karena dengan sedikitnya kalsium yang dikonsumsi, maka oksalat yang diserap tubuh semakin banyak. Oksalat ini kemudian melalui ginjal dan dibuang ke urin. Dalam urin, oksalat merupakan zat yang mudah membentuk endapan kalsium oksalat.?Jenis batu yang lain adalah yang terbentuk dari struvit (magnesium, ammonium, dan fosfat), asam urat, kalsium fosfat, dan sistin.

  • Batu struvit dihubungkan dengan adanya bakteri pemecah urea seperti Proteus mirabilis, spesies Klebsiela, Seratia, dan Providensia. Bakteri ini memecah urea menjadi ammonia yang pada akhirnya menurunkan keasaman urin.
  • Batu asam urat sering terjadi pada penderita gout, leukemia, dan gangguan metabolism asam-basa.  Semua penyakit ini menyebabkan peningkatan asam urat dalam tubuh.
  • Batu kalsium fosfat sering berhubungan dengan hiperparatiroidisme dan renal tubular acidosis.
  • Batu sistin berhubungan dengan orang yang menderita sistinuria.

Jadi dapat dilihat oat-obatan bukan menjadi faktor dalam pembentukan atau memperbesar batu ginjal. Hanya saja, jika mengkonsumsi bahan-bahan kimia secara rutin dalam jangka panjang, maka dapat memberikan beban kerja ginjal sebegai salah satu organ yang berfungsi dalam pengeluaran zat kimia atau toksin tubuh.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar