Sukses

Gastritis, Kolesterol Tinggi, dan Otot Wajah Lemah

08 Jan 2015, 15:17 WIB
Pria, 30 tahun.

Saya laki2 berumur 30 tahun. Saya punya sakit Maag dan tiap kambuh selalu membuat jantung saya berdebar terutama saat malam, sejak saat itu saya selalu menyiapkan antasida doen Sekitar 3 bulan ini saya merasakan sering nyeri di pundak bagian kanan dan tiap hari di waktu tertentu merasa lemas di seluruh bagian badan sebelah kanan. Terkadang wajah bagian sekitar mulut juga lemah dan agak mengganggu jika digunakan untuk mengobrol dengan cepat. Satu bulan ini saya merasakan nyeri sekali di bagian tumit, awalnya sebelah kanan saja namun sekarang kanan dan kiri. Pada Agustus yg lalu saya check lab Kolesterol LDL saya 125, TG 256 dan Uric Acidnya 9,3 Saya sudah mengkonsumsi Simvastatin, Lipivast... Namun saya msh merasakan keluhan yg sama Sejak seminggu ini saya juga minum Gembiphrozil Saya pun minum Allopurinol namun tidak teratur Mohon bantuannya, apa yg harus saya lakukan?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah mengenai maag. kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi, dan wajah sekitar mulut terasa lemah. Kami akan mencoba menjelaskan satu per satu.

Sakit maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, adalah sebuah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah.

Hal hal yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung diantaranya stress, konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, dan merokok. Oleh karena itu usahakanlah untuk selalu makan tepat waktu agar Anda terhindar dari nyeri maag. Sesuai dengan pertanyaan Anda, memang ada kaitannya antara stress dengan maag atau gastritis.

Berikut beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gastritis Anda :

  • Hindari makanan pedas, asam, dan berlemak
  • Hindari konsumsi alkohol, rokok, dan soda
  • Hindari stres
  • Makan teratur 3x/hari porsi makan sedikit-sedikit tapi sering, selalu makan snack diantara makan besar
  • Jika penyebabnya gastritis maka diperlukan obat untuk menurunkan asam lambung. Anda dapat mengkonsumsi obat penekan asam lambung yang dijual secara bebas seperti antasida. 

Pemberian obat-obatan pada penyakit maag kronis harus mendapat pengawasan dokter. Karena keterbatasan pemeriksaan fisik langsung, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter mengenai kondisi Anda. 

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi untuk Anda:

Keluhan kedua mengenai kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi. Penyebab kolesterol tinggi sebenarnya adalah pola makan berlebihan, dalam hal ini terutama yang mengandung lemak jenuh seperti daging, susu, keju, mentega, dan kuning telur.Kolesterol tinggi dapat diturunkan secara genetik, disebut familial hypercholesterolemia. Selain itu, semakin tua usia seseorang maka kolesterol LDL (kolesterol jahat) berkecenderungan meningkat terutama pada wanita menopause.

Menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol total dapat dilakukan dengan metode sederhana:

  1. Mengubah pola makan dengan mengurangi makanan tinggi lemak jenuh
  2. Menurunkan berat badan karena overweight dapat menyebabkan peningkatan LDL, berkurangnya HDL, dan peningkatan kadar kolesterol total
  3. Berolahraga
  4. Hentikan merokok

Perubahan pola hidup ini juga dapat menurunkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Kontrol kolesterolteratur sebaiknya dilakukan. Pada usia > 20 tahun, kadar kolesterol sebaiknya diukur setidaknya sekali dalam 5 tahun yang mencakup kadar total kolesterol, LDL, HDL, dan trigliserida. Kadar optimal lipoprotein:

  • Kolesterol total < 200 mg/dl
  • LDL < 160 mg/dl
  • HDL ≥ 60 mg/dl
  • Trigliserida < 200 mg/dl.

Makanan rendah kolesterol diantaranya:

  • Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng
  • Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak
  • Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega. Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas
  • Makan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum sepertioatmeal, roti gandum
  • Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkan
  • Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah)

Olahraga yang sebaiknya dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah :

  • Olahraga minimal 30 menit sehari, setiap hari
  • Olahraga ringan atau sedang asalkan dilakukan secara rutin dapat berpengaruh baik terhadap kadarkolesterol
  • Olahraga yang dianjurkan seperti joging, berenang, berjalan cepat, dan bersepeda
  • Jangan lupa untuk kontrol kondisi tubuh ke dokter sebelum memulai olahraga

Saat ini lakukanlah perubahan pola hidup menjadi lebih sehat dalam 3 bulan ke depan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan profil lipid lengkap ulangan. Jika tidak ada perubahan atau semakin meningkat maka kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang dapat memberikan informasi lengkap bagi Anda:

Mengenai diet asam urat, kami sertakan artikel-artikel berikut:

Untuk pengobatan kolesterol dan asam urat harus sesuai dengan petunjuk dokter. Maka, kami sarankan Anda berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penanganan lebih lanjut.

Mengenai keluhan terakhir Anda yaitu merasa lemah di wajah bagian mulut. Kami menduga Anda mengalami bell's palsy. Bell's palsy adalah kelumpuhan waraf wajah ke 7 perifer yang dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, di antaranya karena infeksi virus. 

Pengobatan harus disesuaikan dengan penyebabnya, bells palsy biasanya diberikan obat anti virus dan obat yang dapat mengurangi reaksi inflamasi, yaitu obat golongan steroid. Namun seringkali tanpa pengobatan apapun akan sembuh dengan sendirinya.  

Berdasarkan Journal of Neurology Neurosurgry and Psychiatry, prognosis kesembuhan dari bells palsy sangat baik, hanya 16% diantaranya yang gejalanya tidak kembali seperti semula. Terapi yang dilakukan suportif atau mengurangi gejala yang ada. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis saraf untuk mengetahui penanganan lebih lanjut mengenai keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar