Sukses

Hipersalivasi pada Anak

23 Dec 2014, 09:17 WIB
Pria, 4 tahun.

Saya punya anak, dia selalu mempunyai air liur ( ludah) banyak. yang jadi pertanyaan apakah itu normal atau gejala penyakit ?, selain itu semuanya normal. terimakasih sudrajat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Air liur atau saliva diproduksi dari kelenjar saliva yang berada di bagian mulut dan rahang. Produksi saliva di bawah pengaruh Sistim Saraf Autonom yang berarti tidak dapat dikendalikan secara sadar. Penyebab produksi air liur berlebih atau hipersalivasi diantaranya adalah asupan gandum berlebih, penyakit refluks gastroesofageal, pankreatitis, penyakit hati, ulkus atau luka dan infeksi pada mulut dan obat-obatan tertentu,dll. Namun, sering keluar air liur pada anak dapat saja terjadi pada anak normal maupun pada anak dengan gangguan atau penyakit tertentu. Untuk mengetahui apakah ada penyakit tertentu, maka diperlukan pemeriksaan yang menyeluruh pada Anak anda. Mengeluarkan air liur lewat mulut akan berkurang seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Terapi untuk hipersalivasi tergantung dari penyebabnya masing-masing. Karena keterbatasan dalam wawancara dan pemeriksaan fisik, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik menyeluruh untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat dari keluhan Anda.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar