Sukses

Sakit kepala, mulut pahit, nyeri perut, BAB berdarah ketika menyusui

06 Jan 2015, 01:40 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dokter, seminggu terakhir saya sering sakit kepala terutama di sekitar mata juga disertai sakit leher. Kemudia dua hari terakhir mulut saya pahit dan sering tiba-tiba sakit perut. Selain itu setiap bab selalu disertai darah. Berhubung sedang menyusui, selama terjadi keluhan saya tidak mengkonsumsi obat apapun. Terima kasih sebelumnya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun perlu dilengkapi sebelumnya, sejak kapan keluhan dirasakan? bagaimana nyeri kepala yang Anda rsakan apakah seperti ditusuk-tusuj atau seperti diikat atau berdenyut? apakah hilang timbul atau terus-menerus? adakah faktor yang memperberat atau memperingan keluhan?

Untuk keluhan BAB darah, sejak kapan keluhan dirasakan? apakah darahnya merah segar atau kehitaman? apakah terpisah dari kotoran atau bercampur? apakah ada benjolan disekitar anus yang Anda rasaakan? berapa banyak jumlah darah? adakah nyeri sekitar anus?

sedangkan Untuk mulut terasa sakit dan perut sakit, bisa diakibatkan oleh peningkatan asam lambung. Sebagian besar obat lambung yang dikonsumsi oleh ibu dapat diekskresikan/dikeluarkan melalui air susu ibu (ASI) jadi sebaiknya dihindari. Efek sampingnya terhadap bayi memang kecil dan cenderung aman namun sebaiknya lakukan langkah-langkah dibawah ini terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat lambung. Jika setelah melakukannya namun tidak ada perubahan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai terapi selanjutnya. 

Pola Hidup yang perlu Anda rubah Adalah;

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar