Sukses

Kulit Merah Setelah Pakai Bawang Putih

06 Jan 2015, 08:19 WIB
Wanita, 17 tahun.

Aku kemaren abis pake bawang putih buat ngilangin jerawat.setelah pake itu bukannya ilang jerawatnya muka aku jadi merah2 gitu.buat ngilanginnya gimana ya.aku takut merah2nya nggak hilang

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bawang putih banyak dikenal dapat mengatasi jerawat, namun Anda perlu hati-hati dalam dosis dan lama pemakaian.

Sebelumnya kami akan menjelaskan tentang pencegahan jerawat. Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Pemakaian bawang putih untuk mengatasi jerawat dapat menyebabkan Kulit kemerahan dan rasa seperti terbakar yang Anda rasakan kemungkinan besar adalah efek yang sama yang disebabkan karena penggunaan Tretinoin, bentuk asam dari vitamin A yang dapat membentuk struktur atau lapisan kulit baru untuk menggantikan lapisan kulit luar yang rusak. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda menghentikan pemakaian, dan gunakan klrim pelembab.

Sebaiknya Anda memeriksakan kulit wajah Anda kepada Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, terutama jika keluhan tidak berkurang atau malah semakin menghitam dan mengelupas.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

1 Komentar